Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019

Pratiwi, Aditya Cindy (2022) Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Aditya Cindy Pratiwi_T20181376.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kelautan yang memiliki banyak keragaman, seperti budaya, ras, suku, bahasa dan agama. Dari berbagai keberagaman yang ada, keberagaman agamalah yang sering menjadi pemicu utama adanya intoleransi dan gerakan-gerakan radikal di Indonesia yang dapat mengakibatkan adanya perpecahan. Gerakan radikal mulai masuk dilingkungan pendidikan umum terutama tingkat SMA. Untuk melawan hal tersebut, pemerintah Indonesia tengah gencar-gencarnya menggaungkan kebijakan moderasi beragama dilingkungan sekolah. Moderasi beragama adalah sikap mengurangi kekerasan, atau menghindari keekstreman dalam praktik beragama. Adanya temuan muatan yang menyimpang dengan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendidikan Agama Islam SMA di Bandung dan di Kabupaten Jombang, mengakibatkan peneliti tergerak untuk melakukan penelitian ini. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mencegah terulang kembali adanya muatan yang menyimpang dari nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendidikan Agama Islam.
Fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana konsep dasar moderasi beragama yang termuat dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019. 2) Bagaimana muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan konsep dasar moderasi beragama yang termuat dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019. 2) untuk mendeskripsikan muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis isi (content analisys). Untuk menguji keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan trianglusai sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII kurikulum 2013 edisi revisi 2019 memuat konsep dasar moderasi beragama, yang disampaikan dalam kata pengantar bahwa buku ini sudah sesuai dengan Islam rahmatan lil alamin dan Islam yang ramah (wasathiyyah). Dari sembilan nilai-nilai moderasi beragama yang telah dicanangkan oleh Kementrian Agama RI, termuat semua dalam buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas XII kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2019 baik disampaikan secara langsung ataupun tersirat. Adapun nilai-nilai moderasi beragamanya yaitu at-tawassuth (tengah-tengah), al-i’tidal (tegak lurus dan bersikap proporsional), at tasamuh (toleran), asy-syura (musyawarah), al-ishlah (perbaikan), al-qudwah (kepeloporan), al-muwathanah (cinta tanah air), al-la’unf (anti kekerasan), dan i’tiraf al’urf (ramah budaya).
Kata kunci: Nilai-Nilai Moderasi Beragama, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aditya Cindy Pratiwi
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:33
Last Modified: 06 Jul 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8776

Actions (login required)

View Item View Item