Aisyatul Ilmi, Alifah Firdaus (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ADDIMYATI JENGGAWAH JEMBER. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
AISYAHB.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Aisyatul Ilmi Alifah Firdaus, 2022,“Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Addimyati Jenggawah Jember”.Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing : Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. dan Dr. Khotibul Umam, MA.
Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru
Supervisi akademik di SMK Addimyati Jenggawah Jember mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga Evaluasi dan Tindak Lanjut dilakukan oleh tim supervisor yangterdiri waka kurikulum dan kaprodi, dengan detail tugas kaprodi mengecek dan memantau perlengkapan perangkat pembelajaran, waka kurikulum dan wakilnya bagian input data pada server aplikasi penilaian, pelaksanaan observasi, dan menentukan evaluasi sekaligus tindak lanjut.
Fokus dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana Perencanaan Supervisi Akademik ?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik?. 3) Bagaimana Evaluasi dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik? Untuk meningkatkan Kinerja Guru di SMK Addimyati Jenggawah jember.
Tujuan penelitian yang dicapai oleh peneliti adalah Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana perencanaan, pelaksanaan, Evaluasi dan Tindak Lanjut dari implementasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru di SMK Addimyati Jenggawah Jember.
Teori yang digunakan, tahap perencanaan menggunakan teori Allan Glatthorn, pelaksanaan menggunakan teori Sergiovanni & Robert J, dan hasil supervisi akademik menggunakan teori Peter F. Oliva dan penilaian kinerja guru menggunakan teori Vroom.
Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu studi kasus. Teknik menentukan subjek penelitian dengan teknik Purposive. Teknik pengumpulan datanya metode observasi, interview, dan dokumen. Teknik analisis interaktif model Miles Hubermen dan Saldana. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan supervisi akademik yaitu a) Pembuatan jadwal Supervisi Akademik melibatkan kepala sekolah, tim supervisor dan salah satu staf tenaga usaha SMK Addimyati Jenggawah Jember b) penentuan instrumen supervisi akademik yang ditetapkan pada awal tahun ajaran untuk jangka satu tahun yang mengacu pada buku modul pelatihan kepala sekolah. 2) Pelaksanaan supervisi akademik yaitu a) observasi terjadwal di kelas secara berkelanjutan selama 2 minggu sebanyak dua kali dalam satu tahun ajaran. b) guru mengisi lembar pra observasi dan pasca observasi yang sudah disediakan oleh tim supervisor sebagai bentuk “self assessment”. c) Menyampaikan hasil dari observasi secara langsung dengan pendekatan individual. 3) Hasil berupa keseluruhan dari analisis data yang di kalkulasikan sebagai nilai kinerja guru, serta ditindaklanjuti dengan mengikut sertakan guru pada pelatihan media pembelaran dan seminar atau workshop lainnya.
Actions (login required)
View Item |