Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahul Ulum Al-Khairiyah Tempurejo Kabupaten Jember

Musfiqurrohman, Musfiq (2022) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahul Ulum Al-Khairiyah Tempurejo Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS MUSFIQURROHMAN 0849319016.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Musfiqurrohman 2022. Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahul Ulum Al-Khairiyah Tempurejo Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I : Dr. H. Mashudi, M.Pd. Pembimbing II : Dr. H. Ubaidillah, M.Ag. Kata Kunci : Pembentukan Karakter, Kegiatan Keagamaan Karakter disiplin dan tanggung jawab merupakan hal yang sangat penting agar madrasah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Kurangnya kesadaran bahkan hilangnya karakter disiplin dan tanggung jawab pada peserta didik dapat menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak maksimal, sehingga hal tersebut tidak boleh terjadi. Melihat kenyataan yang ada maka pengembangan atau pembentukan karakter peserta didik diyakini perlu dan penting untuk dilakukan oleh setiap madrasah untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Miftahul Ulum Al-Khairiyah Tempurejo Kabupaten Jember, yang telah difokuskan dalam fokus penelitian yaitu, Bagaimana proses pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aktivitas keagamaan? Bagaimana proses pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aktivitas keagamaan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, proses pembentukan karakter disiplin peserta didik melalui aktivitas keagamaan yakni pada tahapan moral knowing melalui pemberian mauidotul hasanah, moral feeling melalui pembiasaan rutinitas, spontanitas, dan keteladanan, moral action peserta didik dibiasakan bertindak disiplin waktu, disiplin aturan, disiplin sikap dan disiplin dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di lembaga ini seperti melaksanakan sholat dhuha, sholat berjamaah, dan sholat jum’at. Proses pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik melalui aktivitas keagamaan yakni pada tahapan moral knowing meliputi pembiasaan pada kegiatan terprogram dan tidak terprogram, moral feeling meliputi pembiasaan dan pemberian reward dan punisment, serta penerapan budaya malu, moral action melalui, ekstrakurikuler hadrah dan pembiasaan, dengan menjadi muadzin, memandu dzikir, menjadi panitia pondok romadhon dan peringatan hari besar islam (PHBI).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Musfiqurrohman UIN KHAS JEMBER
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:48
Last Modified: 06 Jul 2022 08:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8794

Actions (login required)

View Item View Item