Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Febriani, Dita Kharisma (2022) Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dita Kharisma Febriani_T20181078.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dita Kharisma Febriani, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Model Pembelajaran PBL dan Keaktifan Peserta Didik

Model Pembelajaran Problem Based Learning adalah pembelajaran berbasis masalah yang diterapkan karena pasifnya peserta didik yang terbiasa belajar online akibat pandemi serta daya minat baca yang berkurang. Sehingga harapannya dengan model ini, peserta didik menjadi lebih aktif, berpikir kritis dan mampu mengatasi permasalahan di kehidupan sehari-harinya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Pelaksanaan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana Evaluasi dari penerapan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Tujuan penelitian ini 1) Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi. 2) Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi. 3) Untuk Mendeskripsikan Evaluasi dari penerapan Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research) dalam bentuk fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan Model Miles dan Huberman dan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dari Implementasi Model Pembelajaran "Problem Based Learning (PBL)" dalam Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMAN 1 Rogojampi yaitu 1) Perencanaan meliputi, menyiapkan perangkat pembelajaran dan memilih bahan pelajaran. 2) Pelaksanaan meliputi, menyampaikan tujuan pembelajaran, membagi kelompok, membimbing diskusi, mempresentasikan hasil diskusi. Dan mengevaluasi hasil diskusi. 3) Evaluasi meliputi, penilaian sikap (self assessment dan peer assessment), penilaian pengetahuan dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Dita Kharisma Febriani
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:11
Last Modified: 09 Aug 2022 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8795

Actions (login required)

View Item View Item