Pengaruh Pembelajaran Personal Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Shollah Tahun Pelajaran 2020/2021

Zahrah Billahi Rizqi Ramadhani, - (2021) Pengaruh Pembelajaran Personal Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Shollah Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Zahrah Billahi Rizqi Ramadhani_T20179045.pdf

Download (11MB)

Abstract

Zahrah Billahi RR, 2021 : Pengaruh Pembelajaran Personal Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas 7 Sekolah Menengah Pertama Plus Darus Shollah Tahun Pelajaran 2020/2021 Kata Kunci : Pembelajaran Personal, Hasil Belajar. Pembelajaran bukan lagi perpindahan informasi dari pendidik ke peserta didik, namun paradigma baru pembelajaran yang harus diterapkan di Indonesia adalah mempersiapkan peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif dan bersikap baik serta mampu berkonstribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia. Sehingga seharusnya pembelajaran lebih menekankan pada aktivitas berpikir siswa yang kritis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “ Apakah ada pengaruh pembelajaran personal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS di kelas 7 SMP Plus Darus Sholah Tahun Pembelajaran 2020/2021 ? “ Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh pembelajaran personal terhadap hasil belajar siswa IPS di SMP Plus Darus Sholah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini dirancang dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental atau eksperimen semu yang didesain dengan menggunakan non-equivalent control group design, yaitu desain penelitian dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Adapun VII B sebagai kelas experiment dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Penentuan sample ini menggunakan purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai postest. Analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan dilakukan bantuan program IBM SPSS for Windows versi 22. Hasil penelitian ini menunjukan hasil uji hipotesis dengan mengunakan uji Independent Sample T-Test diperoleh bahwa nilai sig.(2-tailed) yaitu 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi atau nilai sig (2-tailed) < 0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternative (Ha) diterima artinya : Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran personal terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS di SMP Plus Darus Sholah tahun pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:35
Last Modified: 06 Jul 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8817

Actions (login required)

View Item View Item