Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran- Probolinggo.

Lailatul Rifqoh Izzati, - (2021) Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran- Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam.

[img] Text
LAILATUL RIFQOH IZZATI_(T20183032).pdf

Download (11MB)

Abstract

Lailatul Rifqoh Izzati, 2021: Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Di Madrasah Aliyah Zainul Hasan 04 Pakuniran- Probolinggo. Kata Kunci : Supervisi Akademik, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional guru. Supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru merupakan pembinaan yang diberikan oleh kepala madrasah dalam mengawasi kegiatan pembelajaran dimana hal ini akan menjadi tolak ukur terhadap perkembangan dan peningkatan mutu guru dan kualitas proses pembelajaran yang berpengaruh terhadap capaian mutu lulusan. Adapun fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru?, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru?, 3) Bagaimana evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru . Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan saldana Tahun 2014. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan Adapun hasil penelitian ini 1) Perencanaan supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu penyusunan dokumen supervisi dengan beberapa kegiatan yaitu membentuk tim (supervisor) dalam pelaksanan supervisi, menentukan instrument yang akan digunakan, menentukan sasaran supervisi dan menentukan jadwal pelaksanaan supervisi. 2) Pelaksanaan supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu dengan penerapan beberapa tahap yaitu tahap pertemuan pendahuluan, tahap observasi kelas dan tahap pertemuan balikan, dengan menggunakan teknik individu dan teknik kelompok. 3) Evaluasi supervisi akademik kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yaitu suatu bentuk pengukuran untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari program supervisi yang sudah dilakukan. Evaluasi dapat dilakukan dengan melihat ketercapaian guru dalam kegiatan belajar mengajar, juga dilakukan dengan mengikutkan guru dalam kegiatan diklat/pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:35
Last Modified: 06 Jul 2022 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8826

Actions (login required)

View Item View Item