Konsep Cinta Tanah Air Perspektif KH Hasyim Asy’ari dan Relevansinya Terhadap Pendidikan IPS.

Lila Agustin Triana Sari, - (2021) Konsep Cinta Tanah Air Perspektif KH Hasyim Asy’ari dan Relevansinya Terhadap Pendidikan IPS. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.

[img] Text
Lila Agustin Triana Sari_T20179013.pdf

Download (7MB)

Abstract

Lila Agustin Triana Sari, 2021 : Konsep Cinta Tanah Air Perspektif KH Hasyim Asy’ari dan Relevansinya Terhadap Pendidikan IPS. Kata Kunci : Cinta Tanah Air, KH Hasyim Asy’ari, Pendidikan IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh arus pertukaran informasi di era globalisasi yang mudah dijangkau oleh generasi muda saat ini, sehingga dengan mudah pula menerima budaya luar tanpa selektif hingga melupakan budayanya sendiri. Kenyataan yang ada saat ini ditunjukkan oleh peserta didik yang terlambat saat mengikuti upacara, tidak menyukai lagu nasional maupun lagu daerah, sering melanggar tata tertib sekolah, gemar tawuran dan kurangnya minat terhadap produk buatan bangsa sendiri. Fenomena ini menjadi faktor melemahnya kadar cinta tanah air peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan konsep cinta tanah air perspektif KH Hasyim Asy’ari. (2) Mendeskripsikan relevansi konsep cinta tanah air perspektif KH Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan IPS. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan analisis isi (content analysis). Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konsep cinta tanah air perspektif KH Hasyim Asy’ari yaitu disebut dengan hubbul wathan minal iman dimana didalamnya mengandung nilai religius dan nilai nasionalisme yang diimplikasikan dalam Resolusi Jihad sebagai bukti komitmen dan bentuk nasionalisme KH Hasyim Asy’ari. (2) Relevansi konsep cinta tanah air perspekstif KH Hasyim Asy’ari terhadap pendidikan IPS yaitu relevan dengan tujuan pembelajaran IPS dan relevan dengan isi kurikulum IPS kelas VIII pada KD 3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan dan Kelas IX pada KD 3.4 Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: Mr Ifan Ali Mufti
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:34
Last Modified: 06 Jul 2022 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8832

Actions (login required)

View Item View Item