Pembelajaran Fikih Dengan Menggunakan Kitab Mabadi'ul Fiqhiyah Di Pondok Pesantren Hidayatul Muta'allimien Ambulu Jember Tahun 2022

Sari, Ika Novita (2022) Pembelajaran Fikih Dengan Menggunakan Kitab Mabadi'ul Fiqhiyah Di Pondok Pesantren Hidayatul Muta'allimien Ambulu Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ika Novita Sari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ika Novita Sari, 2022: Pembelajaran Fikih dengan Menggunakan Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah di Pondok Pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember Tahun 2022.
Kata kunci : pembelajaran fikih, kitab Mabadi’ul Fiqhiyah, pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember tahun 2022.
Pembelajaran fikih merupakan proses pembelajaran dengan maksud untuk membekali peserta didik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam. Salah satu kitab yang digunakan dalam pembelajaran fikih yaitu kitab Kitab Mabadi’ul Fiqhiyah karangan Syaikh Umar Abdul Jabbar. Tak heran jika banyak pondok pesantren yang menggunakan kitab tersebut sebagai media pembelajaran fikih, salah satunya pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan kitab Mabadi’ul Fiqhiyah di pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember Tahun 2022? 2) Bagaimana pelaksanaan problem dalam pelaksanaan pembelajaran fikih dalam menggunakan kitab Mabadi’ul Fiqhiyah di pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember Tahun 2022?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fikih dengan menggunakan kitab Mabadi’ul Fiqhiyah di pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember Tahun 2022, 2) Untuk mendiskripsikan problem dalam pelaksanaan pembelajaran fikih dalam menggunakan kitab Mabadi’ul Fiqhiyah di pondok pesantren Hidayatul Muta’allimien Ambulu Jember Tahun 2022.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian yang dipakai menggunakan teknik pusposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis model Milles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data/ kesimpulan.
Hasil penelitiannya adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran fikih di pondok pesantren terdapat beberapa tahapan yaitu kegiatan awal, penyampaian materi dan kegiatan akhir. Di dalamnya terdapat penyampaian tujuan pembelajaran pada materi yang akan diterangkan oleh gurunya. Proses penyampaian materi pembelajaran fikih dengan berfokus pada kitab Mabadi’ul Fiqhiyah. Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode bandongan, sorogan dan demonstrasi (praktik). Serta penggunaan media pembelajaran berupa papan tulis. 2) Problem yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran fikih yaitu dalam tujuan pembelajaran kebanyakan guru menganggap tidak perlu menggunakan tujuan pembelajaran. Adanya beberapa peserta didik yang kesulitan memahami materi dari isi kitab. Kurangnya dalam menerapkan metode demonstrasi (praktik) sehingga hanya fokus pada metode bandongan dan sorogan. Serta guru kurang memanfaatkan media papan tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ika Novita Sari
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:22
Last Modified: 07 Jul 2022 01:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8838

Actions (login required)

View Item View Item