Penerapan Strategi Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X di SMAN Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2020/2021

Ali Akbar Nafis, - (2021) Penerapan Strategi Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X di SMAN Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam.

[img] Text
ALI AKBAR NAFIS_T20161063.pdf

Download (15MB)

Abstract

Ali Akbar Nafis, 2021. Penerapan Strategi Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X di SMAN Mumbulsari Jember Tahun Ajaran 2020/2021. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Blended Learning, Karakter Siswa Strategi pembelajaran blanded learning adalah sebuah kemudahan pembelajaran yang menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran, memperkenalkan berbagai macam pilihan media dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran. Blanded learning juga sebagai sebuah kombinasi pengajaran langsung (fase to fase) dan pengajaran online, tapi lebih dari pada itu sebagai elemen dari interaksi sosial. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana penerapan strategi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran pai dalam membangun karakter siswa kelas X di SMAN Mumbul Sari Jember? 2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI dalam membangun karakter siswa kelas X Di SMAN Mumbul Sari Jember ? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI dalam membangun karakter siswa kelas X di SMAN Mumbul Sari Jember? 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran PAI dalam membangun karakter siswa kelas X Di SMAN Mumbul Sari Jember ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview/wawancara, dan dokumenter. Sedangkan metode analisis data dimulai dari data condensation, data display, dan conclution drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Penerapan Strategi Pembelajaran Blended Learning Pada Mata Pelajaran PAI dalam Membangun Karakter Siswa Kelas X di SMAN Mumbul Sari Jember berupa strategi pembelajaran door to door atau luring yaitu materi pembelajaran, proses pembelajaran yang dibentuk kelompok belajar kelompok diskusi kemudian evalusasi pembelajaran. strategi pembelajaran online atau daring bentuk penugasan melalui aplikasi whatapp google classroom. 2) Faktor Pendukung pembelajaran Blended Learning yaitu jarak lokasi dekat, meminimalisir biaya kuota internet, kerja sama antara guru dan orang tua, teknologi yang memadai, dan koneksi/jaringan stabil. Kemudian faktor penghambat pembelajaran Blended Learning yaitu kebisingan sekitar lokasi belajar, minimnya keseriusan belajar, tidak memiliki alat komunikasi elektronik, gaptek teknologi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:51
Last Modified: 06 Jul 2022 04:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item View Item