Upaya pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Sholat Dhuha pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Mela, Nida Aulia (2022) Upaya pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Sholat Dhuha pada Kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MELA NIDA AULIA_T20175026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada dasarnya setiap manusia memiliki potensi masing-masing sejak mereka dilahirkan. Maka potensi-potensi yang ada pada diri anak harus dikembangkan dengan baik, dengan memberikan pendidikan yang sesuai dengan anak usia dini. Di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Banyuwangi sendiri perkembangan pada semua aspeknya belum berjalan secara maksimal salah satunya aspek nilai agama dan moral.
Dalam hal ini peneliti mengambil dua fokus penelitian, yaitu: 1) Bagaimana pencapaian nilai agama dan moral pada kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana upaya pengembangan nilai agama dan moral melalui sholat dhuha pada kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pencapaian nilai agama dan moral pada kelompok A di Raudhatl Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan upaya pengembangan nilai agama dan moral melalui sholat dhuha pada kelompok A di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Pancursari Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022.
Adapun metode yang dilakukan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data.
Dari hasil penelitian yang dilakukan di Raudhatul Athfal Khadijah 59 Banyuwangi dapat disimpulkan bahwa 1) pencapaian nilai agama dan moral pada anak sudah mulai berkembang, anak-anak sudah memahami tentang agama yang dianutnya, dapat menirukan gerakan ibadah yang berurutan dapat dilihat pada saat kegiatan sholat dhuha yang dilakukan setiap hari senin sampai hari jum’at, dilanjutkan dengan kegiatan mengaji, hafalan do’a harian dan surat-surat pendek. 2) Melalui kegiatan sholat dhuha peserta didik sebagai salah satu upaya pengembangan nilai agama dan moral sudah banyak yang mengalami perubahan dari belum berkembang menjadi mulai berkembang. Tetapi masih ada beberapa anak yang belum berkembang karena belum mengikuti kegiatan sholat dhuha dengan baik dan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Depositing User: Mela Nida Aulia
Date Deposited: 07 Jul 2022 01:35
Last Modified: 07 Jul 2022 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8856

Actions (login required)

View Item View Item