Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis Al-Qur`an (BTA) di Madrasah Ibtida`iyah Ma`arif (MIMA) Miftahul Ulum Ambulu

Sofiatul, Karimah (2022) Manajemen Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Baca Tulis Al-Qur`an (BTA) di Madrasah Ibtida`iyah Ma`arif (MIMA) Miftahul Ulum Ambulu. Undergraduate thesis, Universitas Kyai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Sofiatul Karimah_T20183013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perlu ditanamkan sejak dini pendidikan karakter dimulai dari jenjang masa kanak-kanak (Paud) sampai remaja, karena faktanya moral remaja masa kini berada dalam kondisi yang mengkhawatirkan, dimana kaum remaja mengalami degradasi moral yang terus-menerus dan tampak semakin tidak terkendali. Penurunan kualitas moral generasi penerus bangsa ini terjadi dalam segala aspek, mulai dari tutur kata, dan lain-lainnya. Untuk itu pendidikan karakter sangat penting ditanamkan. Maka dalam membangun karakter di sekolah kunci utama yang harus dilakukan adalah menggunakan manajemen pendidikan karakter yang baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur`an (BTQ) di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu?; 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur`an (BTA) di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu?; 3) Bagaimana Evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan Baca Tulis Al-Qur`an (BTA) di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu?. Sedangkan tujuan penellitian adalah untuk mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pendidikan karakter melalui Kegiatan Baca Tulis AlQur`an (BTA) di MIMA 29 Miftahul Ulum Ambulu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana meliputi kondensasi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pendidikan karakter melalui kegiatan BTA terdiri dari lima langkah, dimulai dari: merumuskan tujuan; menentukan sasaran kegiatan; merekrut pembina kegiatan; merencanakan materi dan metode; menentukan waktu dan tempat pelaksanaan. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter melalui kegiatan BTA antara lain melalui contoh yang baik dan pembiasaan dari ustadz dan ustadzah. Pelaksanaan kegiatan BTA sendiri, dilaksanakan setiap hari secara individual dan klasikal. Metode yang digunakan adalah metode yanbu`a serta sumber belajar berupa jilid dan Al-Qur`an 3) Evaluasi pendidikan karakter melalui kegiatan BTA dilaksanakan dengan cara kerjasama melalui raport yang diisi setiap hari oleh wali peserta didik dan melalui ujian kegiatan BTA (munaqosah).
Kata kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Kegiatan BTA, MIMA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: MS Sofiatul Karimah
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:08
Last Modified: 07 Jul 2022 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8881

Actions (login required)

View Item View Item