Fathimatuz, Zahro (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Local Wisdom Materi Aritmatika Sosial pada Peserta Didik Kelas VII di SMP NU Baitussalam Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
FATHIMATUZ ZAHRO_T20187117.pdf Download (7MB) |
Abstract
LKPD merupakan materi bahan ajar yang sudah dikemas sedemikian rupa,
sehingga peserta didik dapat mempelajari materi ajar secara mandiri. Penggunaaan LKPD
diharapkan dapat meminimalkan peran pendidik, mengaktifkan peserta didik serta
mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan, melatih siswa dalam
mengerjakan soal dan menghemat waktu dalam proses pembelajaran. Pengembangan
LKPD ini dikaitan dengan kebudayaan yang terdapat pada daerah Banyuwangi berupa
makanan khasnya. LKPD berbasis local wisdom selain bertujuan menjadikan peserta didik
menguasai kompetensi (materi) yang ditargetkan. LKPD berbasis local wisdom
dikembangkan untuk menjadikan peserta didik mengenal, menyadari atau peduli dengan
budaya daerahnya,
Fokus masalah pada penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses
pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis local wisdom materi
aritmatika sosial pada siswa kelas VII di SMP NU Baitussalam Cluring Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022?. 2) Bagaimana kevalidan pengembangan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis local wisdom materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII di SMP
NU Baitussalam Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 3) Bagaimana
kepraktisan pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis local wisdom
materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII di SMP NU Baitussalam Cluring
Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. 4) Bagaimana keefektifan Lembar Kerja Peserta
Didik (LKPD) berbasis local wisdom materi aritmatika sosial pada siswa kelas VII di SMP
NU Baitussalam Cluring Banyuwangi tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini
untuk: 1) Mengembangkan produk LKPD dengan Model Plomp. 2) Mengetahui kevalidan
yang diperoleh dari uji ahli. 3) Mengetahui kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa
dan guru. 4) Mengetahui keefektifan diperoleh dari hasil evaluasi peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau research and
development (R&D). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan Plomp
yaitu: 1) Fase Investigasi Awal. 2) Fase Pengembangan. 3) Fase Penilaian. Untuk
mengetahui kelayakan produk LKPD ini menggunakan uji kevalidan, kepraktisan, dan
keefektifan.
Hasil analisis kevalidan menunjukkan presentase klasikal yaitu 81,3% sehingga
memenuhi kriteria valid. hasil analisis kepraktisan oleh siswa diperoleh presentase klasikal
yaitu 87,5 %. sedangkan hasil analisis kepraktisan oleh guru diperoleh presentase klasikan
kepraktisan 98,21%. Sehingga menunjukkan kriteria sangat praktis. Pada hasil analisis
kefektifan menunjukkan presentase klasikal keefektifan 68,57% sehingga dapat dikatakan
memenuhui kriteria kurang efektif. Dengan demikian produk Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD) yang dikembangkan telah memenuhui kriteria valid, praktis, namun kurang efektif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010107 Mathematical Logic, Set Theory, Lattices and Universal Algebra |
Depositing User: | Mrs Fathimatuz Zahro |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 02:34 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 02:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8893 |
Actions (login required)
View Item |