URGENSI KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL FATAH KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI

Wulandari, Yatik Septi (2022) URGENSI KESIAPAN BELAJAR SISWA KELAS RENDAH DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL FATAH KALIBARU KABUPATEN BANYUWANGI. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YATIK SEPTI WULANDARI_0849418009.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Yatik Septi Wulandari. 2022. Urgensi Kesiapan Siswa Kelas Rendah dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru Kabupaten Banyuwangi. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. Hj. St. Mislikhah, M.Ag., Pembimbing II Prof. Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I
Kata kunci : Kesiapan belajar, Siswa kelas rendah, Psikologi perkembangan anak
Madrasah Ibtidaiyah merupakan lembaga formal dalam pendidikan dasar yang dalam proses pendidikannya harus memahami kesiapan belajar siswa sejak awal, karena kesiapan belajar siswa sangat berdampak terhadap proses belajar yang akan mereka alami terutama di kelas rendah. Peran guru sangatlah penting dalam kesiapan belajar kelas rendah terutama dalam aspek psikologi perkembangannya yang meliputi perkembangan fisik, bahasa, emosi, dan sosial.
Fokus penelitian yang dikaji yaitu: 1) Bagaimana urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan fisik dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru?. 2) Bagaimana urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan bahasa dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru?. 3) Bagaimana urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan emosi dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru?. 4) Bagaimana urgensi kesiapan siswa kelas rendah dari aspek perkembangan sosial dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru?.
Tujuan penelitian yaitu mendiskripsikan urgensi kesiapan siswa kelas rendah dari aspek perkembangan fisik, bahasa, emosi, dan sosial dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori Psikologi Perkembangan Elizabeth B Hurlock dalam mengkaji kesiapan belajar siswa dan teori Paul D. Dierich dalam mengkaji aktivitas belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Penentuan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis data interaktif model Miles, Hubbermen dan Saldana. Uji eabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah : Pertama, urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dalam aspek perkembangan fisik berdasarkan keterampilan motorik halus dapat meningkatkan aktivitas menulis dan menggambar, dan urgensi kesiapan belajar siswa dalam aspek perkembangan fisik berdasarkan keterampilan motorik kasar dalam meningkatkan aktivitas metric dan kegiatan visual. Kedua, urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan bahasa dalam pemahaman dapat meningkatkan aktivitas mendengarkan dan urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan bahasa dapat diketahui berdasarkan keterampilan berbicara yang dapat meningkatkan aktivitas menulis dan kegiatan lisan/oral. Ketiga, urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan emosi dengan indikator menunjukkan sikap tanggungjawab sebagai seorang pelajar dapat meningkatkan aktivitas emosional dan urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dari aspek perkembangan emosi berdasarkan indikator menunjukkan sikap mudah diatur guru dapat meningkatkan aktivitas mental. Keempat, urgensi kesiapan belajar siswa kelas rendah dalam aspek perkembangan sosial berdasarkan kemampuan menyesuaikan diri siswa dapat meningkatkan aktivitas mental di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Fatah Kalibaru Banyuwangi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130107 Te Whariki (Maori Early Childhood Education)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: Yatik Septi Wulandari
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:37
Last Modified: 07 Jul 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8899

Actions (login required)

View Item View Item