PEMBELAJARAN KITAB KUNING NUBDATUL BAYAN DALAM PROGRAM AKSELERASI DI YAYASAN MAMBAUL ULUM AL-HAMIDIYAH MAYANG JEMBER TAHUN 2021/2022

NAJAH R, ZAIROTIN (2022) PEMBELAJARAN KITAB KUNING NUBDATUL BAYAN DALAM PROGRAM AKSELERASI DI YAYASAN MAMBAUL ULUM AL-HAMIDIYAH MAYANG JEMBER TAHUN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Fiks_Zairotin N_T20181469 FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran kitab kuning dikalangan masyarakat sudah tidak menjadi asing, karena banyak masyarakat yang sudah memondokkan anaknya di lembaga pesantren agar bisa mempelajari pembelajaran kitab kuning. Di yayasan mambaul ulum al-hamidiyah adalah salah satu yayasan yang menerapkan pembelajaran kitab kuning nubdatul bayan dalam program akselerasi. Yang mana akselerasi berarti percepatan dan kitab nubdatul bayan adalah saalah satu kitab yang mengajarkan cara cepat membaca kitab yang membahas tentang ilmu alat yaitu ilmu nahwu dan ilmu sorrof. Dan para ustad/ustadzah nya Yayasan Mambaul Ulum alumni PP Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan dan telah mempunyai Sertifikat lulus Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember?. 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember?. 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan bagaimana perencanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember?. 2) Mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember ?. 3) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi di Yayasan Mambaul Ulum Al-Hamidiyah Mayang Jember?
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yaitu 1) Reduksi Data, 2) Penyajian data. dan 3) Penarikan kesimpulan
Penelitian ini memperoleh hasil baahwa proses Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran, 1) Perencanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi mengikuti kurikulum yang telah disediakan secara rinci oleh pusat yaitu PP. Mambaul Ulum Bata-bata Pamekasan Madura dan selebihnya untuk RPP nya para ustad/ustadzah menambahi sendiri sesuai dengan materi pembelajaran. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi mempunyai tiga kegiatan penting yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, untuk pendahuluan yaitu dengan membaca bait-bait nadzoman kitab nubdatul bayan. Kegiatan nti meliputi penyampaian materi dengan menggunakan metode yang bervariasi dan dalam penutup diakhiri dengan adannya penarikan kesimpulan. 3) Dalam segi Evaluasi Pembelajaran Kitab Nubdatul Bayan dalam Program Akselerasi ada dua tes yaitu: tes tertulis dan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: zairotin najah
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:09
Last Modified: 07 Jul 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8950

Actions (login required)

View Item View Item