Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang)

Hikmah, Evi Nurul (2018) Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Lumajang). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EVI NURUL HIKMAH-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

Evi Nurul Hikmah, Abdul Rokhim, 2022: Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Zakat Terhadap Minat Muzakki (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Lumajang)

Akuntatabilitas merupakan pertanggung jawaban organisasi dalam menyajikan, pelaporan dan mengungkapkan seluruh aktivitas. Sedangkan transparansi adalah prinsip yang menjamin kebebasan bagi setiap orang untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan organisasi. Dari kedua variabel tersebut peneliti menentukan objek pada organisasi BAZNAS di Lumajang, karena lembaga tersebut berfokus pada delapan asnaf sesuai kriteria dala Al-Qur’an.
Rumusan masalah pada penelitian ini di adalah: (1) Apakah akuntabilitas berpengaruh terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang? (2) Apakah transparansi berpengaruh terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang? (3) Apakah akuntabilitas dan transparansi berpengaruh secara simultan terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang?.
Adapun tujuan dari penelitian ini: (1) Untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang. (2) Untuk mengetahui pengaruh transparansi terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang. (3) Untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas dan transparansi secara simultan terhadap minat muzakki di BAZNAS Kabupaten Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah convience sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan kemudahan mengakses anggota populasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel akuntabilitas berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki sebab nilai signifikansi ˂ 0,05 yaitu 0,000, sedangkan variabel transparansi berpengaruh signifikan terhadap minat muzakki sebab nilai signifikan ˂ 0.05 yaitu 0.005. Secara simultan akuntabilitas dan transparansi berpengaruh secara bersama-sama terhadap minat muzakki sebab mempunyai nilai signifikansi ˂ 0,05 yaitu 0,000.

Kata kunci: Akuntabilitas, baznas, minat muzakki, transparansi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Depositing User: Unnamed user with email evinurul878@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2022 09:12
Last Modified: 07 Jul 2022 09:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8994

Actions (login required)

View Item View Item