Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Tahun Pelajaran 2021\2022

Nuriyah AZ, Muniyatil Izzatun (2022) Peran Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Tahun Pelajaran 2021\2022. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muniyatil Izzatun Nuriyah AZ_T20183121.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muniyatil Izzatun Nuriyah AZ, 2021: Peran Kepala Madrasah Dalam
Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Aliyah Annuriyyah
Rambipuji Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Peran Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Pada saat ini dunia pendidikan kita belum sepenuhnya bisa memenuhi
harapan masyarakat. Fenomena ini ditandai dari rendahnya mutu lulusan,
penyelesaian masalah pendidikan yang tidak tuntas, bahkan sumber daya manusia
yang disiapkan melalui pendidikan sebagai generasi penerus bangsa belum
sepenuhnya memuaskan bila dilihat dari segi akhlak, moral, jati diri bangsa dalam
kemajemukan budaya bangsa. Salah satu strategi yang dilakukan yaitu peran
kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru mata pelajaran
dengan harapan pendidik bisa menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan
baik serta menghasilkan generasi bangsa yang sesuai dengan tujuan pendidikan.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan
kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah
Aliyah Annuriyyah Jember?: 2) Bagaimana pelaksanaan kepala madrasah dalam
mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember?:
Bagaimana evaluasi kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme
guru di Madrasah Aliyah Annuriyyah Jember?.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan
kepala madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah
Aliyah Annuriyah Rambipuji. 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kepala
madrasah dalam mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah
Annuriyah Rambipuji. 3) untuk mendeskripsikan evaluasi kepala madrasah dalam
mengembangkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Annuriyah Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kepala madrasah
yang dilakukan adalah mengidentifikasi kebutuhan guru-guru, program-program
guru, tujuan dan manfaat dari program tersebut 2) Pelaksanaan kepala madrasah
dengan kegiatan kepala madrasah yaitu mendorong dan mendukung setiap
program-program guru, selain itu kepala madrasah menjalankan perannya sebagai
educator, manajer, administrator, supervisi, leader, innovator, motivator. 3)
Evaluasi kepala madrasah yang dilakukan adalah penilaian yang dilakukan oleh
lembaga sendiri dengan tujuan agar mengetahui sejauh mana dalam menjalankan
tugas dan tanggung jawabnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muniyatil Izzatun Nuriyah Az
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:25
Last Modified: 11 Jul 2022 08:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/8995

Actions (login required)

View Item View Item