ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 7 JEMBER PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TEORI APOS

Mastur, Nurhabibah (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS VII MTs NEGERI 7 JEMBER PADA MATERI HIMPUNAN BERDASARKAN TEORI APOS. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Nurhabibah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Matematika adalah kajian ilmu yang berkaitan dengan konsep abstrak dan
dipelajari di seluruh jenjang pendidikan. Matematika yang diajarkan di sekolah
berfungsi untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa. Salah satu teori yang menganalisis kemampuan pemecahan masalah
matematis yakni teori Aksi Proses Objek Skema (APOS).
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan
masalah siswa pada materi himpunan berdasarkan teori APOS. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini
adalah enam siswa kelas VII MTs Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes uraian materi himpunan sebanyak 4 soal dan wawancara.
Instrumen yang divalidasi adalah indikator pemecahan masalah, tes uraian materi
himpunan dan pedoman wawancara. Penelitian ini menggunakan teknik analisis
data Miles Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik dengan menggunakan tes dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah subyek
S01 memenuhi indikator pada tahapan aksi, proses, objek dan skema.
Kemampuan pemecahan masalah subyek S02 memenuhi indikator pada tahapan
aksi, proses dan skema. Pada tahapan objek, subyek S02 tidak dapat menyatakan
definisi dari irisan dengan benar. Kemampuan pemecahan masalah subyek S03
memenuhi indikator pada tahapan aksi, proses dan skema. Pada tahapan objek,
subyek S03 tidak dapat menyatakan definisi dari irisan dengan benar.
Kemampuan pemecahan masalah subyek S04 memenuhi indikator pada tahapan
aksi, proses dan skema. Pada tahapan objek, subyek S04 tidak dapat menyatakan
definisi dari irisan dan gabungan dengan benar. Kemampuan pemecahan masalah
subyek S05 memenuhi indikator pada tahapan aksi, proses dan skema. Pada
tahapan objek, subyek S05 tidak dapat menyatakan definisi dari irisan dan
gabungan dengan benar. Kemampuan pemecahan masalah subyek S06 memenuhi
indikator pada tahapan aksi, proses dan skema. Pada tahapan objek, subyek S06
tidak dapat menyatakan definisi dari irisan dan gabungan dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2004 Linguistics > 200402 Computational Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Nona Nurhabibah Mastur
Date Deposited: 07 Jul 2022 08:59
Last Modified: 07 Jul 2022 08:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item