Faiqoh, Faiz (2022) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KREATIVITAS GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 01 SEMBORO JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH. ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
FAIZ FAIQOH-1.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kreativitas guru yang berkaitan dengan
kemampuan kognitif dalam proses belajar matematika. Untuk mampu mendukung
dan mengoptimalkan kreativitas guru juga diperlukan beberapa faktor lain. Salah
satu faktor lain yang bisa memperkuat kreativitas guru ialah fasilitas belajar.
Fasilitas belajar adalah peralatan dan perlengkapan secara langsung digunakan
untuk menunjang proses Pendidikan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 01 Semboro
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 01 Semboro
Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar
dan kreativitas guru secara Bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa
kelas VII SMP Negeri 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian asosiatif dengan
pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMP Negeri 01 Semboro Jember. Dalam
penelitian ini memakai teknik cluster rendom sampling dengan keseluruhan siswa
kelas VII yaitu 267, diperoleh 73 siswa sebagai sampel sesuai dengan rumus
slovin. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah dokumen dan angket.
Sedangkan untuk teknik analisis data memakai statistik deskriptif dan statistik
inferensial, pada statistik inferensial menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan fasilitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat dari hasil
uji statistik t diperoleh t hitung sebesar 5,773 lebih besaridari t tabel yakni 1,993
dengan sig 0,000ilebih kecilldari 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan
kreativitas guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 01
Semboro Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat uji statistik t diperoleh
t hitung sebesar 2,062 lebih besar dari t tabel yakni 1,993 dengan sigi0,043 lebih
kecil dari 0,05. Terdapat pengaruh yang signifikan fasilitas belajar dan kreativitas
guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP
Negeri 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Dapat dilihat uji statistik
nilai F hitung sebesar = 48,661 lebih besar dari F Tabel sebesar = 3,13 dengan sig.
sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130203 Economics, Business and Management Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Faiz Faiz Faiz |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 09:05 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 09:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9002 |
Actions (login required)
View Item |