Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022

Wardatus Sholekhah, Vira Yuni (2022) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
Vira Yuni Wardatus Sholekhah_T20171275.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vira Yuni Wardatus Sholekhah, 2022 : Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SMA Bima Ambulu Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci:implementasi, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan

Tujuan dari pendidikan adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Belakangan ini pendidikan Indonesia sedang mengalami problem seperti terjadi penyimpangan seks dan kurangnya sikap sopan santun. Dari pemasalahan tersebut maka diperlukan terobosan salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan. Dengan adanya ekstrakurikuler keagamaan peserta didik dapat menyalurkan bakat dan minat yang dimiliki serta mengisi kekosongan waktu setelah pulang sekolah.
Fokus yang dikaji dalam penelitian ini: 1) Bagaimana tujuan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu? 2) Bagaimana isi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu? 3) Bagaimana model pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu? 4) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu?
Tujuan dari peneitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan tujuan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu. 2) Untuk mendeskripsikan isi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu. 3) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu. 4) untuk mendeskripsikan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMA Bima Ambulu.
Untuk menjawab fokus masalah yang telah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif, Sumber data penentuan subyek penelitian ini menggunakan teknik Purposive.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Tujuan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan untuk mensyiarkan agama Islam serta untuk mencapai keseimbangan antara pendidikan jasmani dan rohani. 2) Pada saat kegiatan berlangsung diawali dengan pembukaan kemudian penyampaian materi dan diakhiri dengan penutup. Banyak hal yang diajarkan seperti kedisiplinan, tanggung jawab, kekeluargaan dalam organisasi, dan kepemimpinan. 3) Strategi dalam eksrakurikuler hadrah meliputi kedisiplinan, hafalan, pengelompokan dan mengulang. Sedangkan metode yang digunakan yaitu metode ceramah, drill dan eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan kooperatif. Strategi yang digunakan dalam ekstrakurikuler dakwah meliputi pemodelan dan strategi untuk mendapatkan nilai yang lebih pada mata pelajaran PAI. Sedangkan metode yang digunakan yaitu ceramah, eksperimen, kisah dan drill. Model pembelajaran yang digunakan langsung. Dalam ekstrakurikuler kajian kitab kuning strategi yang digunakan yaitu strategi menyimak dan konstektual. Sedangkan metode yang digunakan yaitu ceramah, keteladanan, demonstrasi dan hafalan. Model pembelajaran yang digunakan langsung 4) Evaluasi yang dilakukan pada umumnya dicantumkan dalam proker yaitu ada mingguan, bulanan dan tahunan. Selain itu evaluasi dilaksanakan pada akhir semester yaitu mencatat hasil mereka mengikuti ekstrakurikuler kedalam raport masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vira Yuni Wardatus sholekhah
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:11
Last Modified: 11 Jul 2022 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9014

Actions (login required)

View Item View Item