Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi wordwall pada pembelajaran matematika di madrasah aliyah negeri 2 situbondo tahun pelajaran 2021/2022

muhammad, bin muksin basarahil (2022) Pengembangan alat evaluasi pembelajaran menggunakan aplikasi wordwall pada pembelajaran matematika di madrasah aliyah negeri 2 situbondo tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Muhammad MTK'18.pdf

Download (10MB)

Abstract

Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan alat evaluasi yang sudah ada yaitu menggunakan aplikasi Wordwall dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekolah yaitu ketersediaan komputer dan jaringan Wi-Fi. Alat evaluasi atau instrumen evaluasi merupakan alat ukur untuk menilai dan mengevaluasi sejauh mana proses alat evaluasi pembelajaran tersampaikan kepada peserta didik. Berdasarkan dari hasil observasi didapat bahwa guru belum memanfaatkan alat evaluasi dalam pengambilan nilai pada peserta didik. Dalam pengambilan nilai pendidik masih menggunakan metode konvensional yaitu berupa kertas. Sehingga dibutuhkannya alat evaluasi yang dapat digunakan dengan praktis dalam evaluasi pembelajaran, khususnya pembelajaran matematika.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kevalidan alat evaluasi menggunakan aplikasi Wordwall pada pembelajaran matematika kelas XI, 2) untuk mengetahui kemenarikan alat evaluasi menggunakan aplikasi Wordwall pada pembelajaran matematika kelas XI.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg and Gall. Data yang diolah berbentuk deskriptif kuantitatif. Data kuantitatif diperoleh dari angket yang diberikan kepada validator materi, validator media, pendidik pelajaran Matematika kelas XI, dan peserta didik kelas XI di MAN 2 Situbondo. Sedangkan data kualitatif didapat dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator dan pengguna.
Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) berdasarkan uji kevalidan materi dan media didapatkan hasil tingkat kevalidan dari ahli materi sebesar 90% dengan kategori sangat valid dan ahli media 84% dengan kategori sangat valid. (2) berdasarkan tingkat kemenarikan yang didapatkan dari pendidik mata pelajaran Matematika kelas XI yaitu 89% dengan kategori sangat menarik dan angket peserta didik mendapatkan hasil kemenarikan sebesar 93,5% dengan kategori sangat menarik.
Kata Kunci: Pengembangan, Alat Evaluasi, Wordwall

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0802 Computation Theory and Mathematics > 080204 Mathematical Software
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Bin Muksin Basarahil
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:15
Last Modified: 08 Jul 2022 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item