Zahroh, Kurnia Fatimatuz (2022) Manajemen Sarana dan Prasarana Laboratorium Bahasa dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi Kurnia.pdf Download (2MB) |
Abstract
dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah
Sidomukti Kraksaan Probolinggo”.
Kata kunci: Manajemen, sarana dan prasarana, kreativitas
Sarana dan prasarana merupakan komponen penting dalam pendidikan dan
menjadi satu dari delapan standar Nasional Pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan
prasarana pendidikan sehingga setiap instituti berlomba-lomba untuk memenuhi standar
sarana dan prasarana pendidikan demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran,terlebih
lagi kelengkapan sarana dan prasarana pendidikan merupakan salah satu daya tarik bagi
calon peserta didik baru. Sarana dan prasarana yang memadahi mengakibatkan
meningkatnya kreativitas siswa yang ada. Kreativitas memang salah satu faktor utama
dalam pendidikan, namun pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu membuat
siswa mengembangkan kreativitasnya. Sarana dan prasarana yang menunjang pada jurusan
Bahasa yaitu Lab Bahasa, dengan pemanfaatan lab tersebut MA Darul Lughah Wal
Karomah mampu mengantarkan siswa-siswinya meraih banyak prestasi dimulai dari lomba
pidato 3 bahasa, qisshoh, dal lain sebagainya.
Fokus dari penelitian ini yakni : 1) Bagaimana perencanaan sarana dan prasarana
pada Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah Tahun Ajaran 2021/2022? 2)
Bagaimana manajemen sarana dan prasarana laboratorium bahasa dalam meningkatkan
kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah Tahun Ajaran
2021/2022? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat manajemen sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kreativitas siswadi Madrsah Aliyah Darul Lughah Wal
Karomah Tahun Ajaran 2021/2022?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi, dengan pendekatan
penelitian berupa deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi,
wawancara yang sistematis dan dokumentasi sebagai pendukung.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen sarana dan prasarana
pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah: (1) Perencanaan sarana dan
prasarana pendidikan di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah meliputi, analisis
kebutuhan, sumber dana Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah berasal dari SPP
dan dana BOS. Pengadaan yang dilakukan merupakan pengadaan dengan cara membeli
dan mebuat sendiri. (2) Manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan kreativitas
siswa di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah meliputi penyaluran, inventarisasi,
penggunaan, pemeliharaan serta penghapusan sarana dan prasarana pendidikan dalam
meningkatkan kreativitas siswa. (3) Faktor pendukung dan penghambat sarana dan
prasarana dalam meningkatkan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal
Karomah. Adanya tim sarana dan prasaranapendidikan serta adanya guru yang kompoten
dalam meningkatkan kreativitas siswa merupakan bagian dari faktor pendukung sarana dan
prasarana pendidikan dalam meningkatkan kreativitas siswa di Madrasah Aliyah Darul
Lughah Wal Karomah, sedangkan faktor penghambat sarana dan prasarana pendidikan
dalam meningkatkan kreativitas siswa adalah keterbatasan dana serta kurangnya tenaga
teknisi dalam sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Kurnia Fatimatuz Zahroh |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9027 |
Actions (login required)
View Item |