Pengembangan Game Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Bagi Siswa Kelas VII SMP/MTs

Hasanah, Firdatul (2022) Pengembangan Game Spinning Wheel Sebagai Media Pembelajaran IPA Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Bagi Siswa Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FIRDATUL HASANAH T201710034.pdf

Download (11MB)

Abstract

Kata Kunci: Media pembelajaran, Game Spinning Wheel, kalor dan perpindahannya
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang terciptanya daya tarik peserta didik pada pembelajaran IPA khususnya materi kalor dan perpindahannya. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara pada pendidik IPA dan peserta didik, bahwa pendidik hanya memanfaatkan sumber belajar yang minim berupa buku paket, terkadang Powerpoint, video pembelajaran, yang menyebabkan peserta didik kurang tertarik dan mudah bosan dalam pembelajaran IPA. Maka dari itu diperlukan pengembangan media pembelajaran yang dapat menumbuhkan daya tarik peserta didik yaitu dalam bentuk permainan. Game spinning wheel (permainan roda putar) merupakan wahana permainan edukasi yang dapat memacu peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran, melatih kerjasama kelompok, dan melatih pola pikir peserta didik dalam memecahkan latihan soal.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan tingkat kevalidan media pembelajaran game spinning wheel pada pembelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya kelas VII SMP/MTs. 2) mendeskripsikan hasil respons peserta didik terhadap media game spinning wheel pada materi kalor dan perpindahannya kelas VII SMP/MTs.
Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974). Namun tahapannya dibatasi hanya pada tahap develop karena keterbatasan waktu dalam penelitian. Subjek penelitian yang terlibat antara lain validator ahli materi, ahli media, dan ahli pengguna serta respons peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kelayakan menggunakan skala likert dengan 5 kategori yang disusun dalam bentuk checklist. Analisis data yang dihasilkan berupa data kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan analisis kevalidan, media pembelajaran game spinning wheel dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase media pembelajaran dari ahli materi 94%, penilaian dari ahli media sebesar 93,3%, dan penilaian dari ahli pengguna (guru IPA) diperoleh persentase 86,6% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba respons peserta didik pada uji coba skala kecil diperoleh persentase 92%, sedangkan uji coba respons peserta didik pada skala besar sebesar 91,75%. Analisis respons siswa menunjukkan bahwa media pembelajaran game spinning wheel sangat menarik, karena terdapat gambar, video demonstrasi, latihan soal yang disajikan dalam bentuk permainan, dan dapat menumbuhkan semangat belajar peserta didik sehingga timbul usaha lebih maksimal dalam proses pembelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0202 Classical Physics > 020399 Classical Physics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Firdatul Hasanah
Date Deposited: 08 Jul 2022 03:38
Last Modified: 08 Jul 2022 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9032

Actions (login required)

View Item View Item