Diferensiasi Produk Dalam Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo

Ahmad Rasidi, - (2021) Diferensiasi Produk Dalam Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah.

[img] Text
AHMAD RASIDI_E20162108.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ahmad Rasidi, 2020: Diferensiasi Produk Dalam Strategi Pemasaran UMKM Kerajinan Tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo Diferensiasi produk ialah menciptakan suatu produk atau citra produk yang cukup berbeda dengan produk-produk yang telah beredar dengan maksud untuk menarik konsumen. Menciptakan perbedaan pada produknya seperti yang dilakukan oleh UMKM di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo yang bergerak di bidang kerajinan tangan akan menambah kepuasan bagi konsumen. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo? 2) Bagaimana pola diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo? 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk dalam strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo?. Tujuan penelitian ini ialah: 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 2) Untuk mendeskripsikan pola diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo, 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat diferensiasi produk UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo. Penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Di dalam menganalisis data menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan / verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan 1) Strategi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM kerajinan tangan di Pintu Masuk Utama 01 Wisata Bahari Pasir Putih Kabupaten Situbondo cukup bagus dan efektif, 2) Pola diferensiasi produk yang dilakukan sesuai dengan indikator diferensiasi produk, yaitu: Bentuk, keistimewaan, mutu kinerja, mutu kesesuaian, daya tahan, keandalan, mudah diperbaiki, gaya dan design, 3) Faktor pendukung diferensiasi produk ialah bahan baku utamanya dan faktor penghambatnya ialah perubahan cuaca, kekurangan ide kreatif dan bahan baku kerangnya. Kata kunci: Diferensiasi Produk, Strategi Pemasaran, UMKM Kerajinan Tangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: m muhammad fadil
Date Deposited: 11 Jul 2022 07:09
Last Modified: 11 Jul 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9049

Actions (login required)

View Item View Item