Pembinaan Karakter Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022

Maisaroh, Maisaroh (2022) Pembinaan Karakter Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maisaroh .pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembinaan karakter di sekolah yaitu dengan metode pembiasaan budaya keagamaan yang dilaksanakan secara terjadwal, rutin dan terprogram. SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi lebih memfokuskan pada penguatan karakter dengan melibatkan semua warga sekolah. Dengan melakukan kegiatan shalat dhuha berjamaah, shalat jum’at berjamaah, tahlil, dan beberapa kegiatan karakter keagamaan lainnya dapat membuat siswa mampu menguasai serta memahami keagamaan dan dapat menerapkan di masyarakat. Pembiasaan keagamaan yang diterapkan di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi ini sangatlah berbeda dengan sekolah lain, karena semua kegiatan keagamaan yang mengatur, memantau, mengevaluasi serta memberi sanksi kepada siswa yang melanggar peraturan, yaitu tim BDS (Badan Dakwah Siswa). Hasil wawancara dengan ustadz Imamuddin selaku kepala sekolah SMP Bustanul Makmur Genteng, Banyuwangi menyatakan bahwa SMP tersebut mengadakan pembiasaan kegiatan keagamaan karena terdapat faktor masyarakat seperti kurangnya tokoh agama sehingga siswa di SMP tersebut dilatih untuk menjadi imam, takmir, khutbah jumat, khatib tahlil agar siswa dapat menerapkan pembiasaan tersebut dilingkungan masyarakat. Berdasarkan uraian di atas sehingga perlu adanya Pembinaan Karakter Melalui Pembiasaan Kegiatan Keagamaan di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan karakter melalui pembiasaan kegiatan shalat dhuha di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi, 2) Bagaimana pembinaan karakter melalui pembiasaan kegiatan shalat jum’at, 3) Bagaimana pembinaan karakter melalui pembiasaan kegiatan tahlil. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pembinaan karakter melalui pembiasaan shalat dhuha di SMP Bustanul Makmur Genteng Banyuwangi, 2) Mendeskripsikan pembinaan karakter melalui pembiasaan shalat jum’at, 3) Mendeskripsikan pembinaan karakter melalui pembiasaan tahlil.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif: jenis penelitian ini adalah field research (Penelitian Lapangan). Penelitian ini digunakan untuk memahami fenomena, tentang apa yang dialami subjek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasi pasif, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya meggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Pembinaan karakter melalui pembiasaan shalat dhuha merupakan pembiasaan yang dilakukan oleh siswa dalam menjalankan ibadah sunnah. Dalam pelaksanaannya membentuk karakter siswa disiplin tepat waktu, berjamaah, dan tanggung jawab terhadap tugasnya, 2) Pembinaan karakter melalui pembiasaan shalat jum’at, upaya dalam pembinaan karakter siswa diantaranya melatih jiwa kepemimpinan, menciptakan jiwa kebersamaan serta tepat waktu dalam menunaikan ibadah, 3) Pembinaan karakter melalui pembiasaan tahlil yaitu tanggung jawab terhadap tugasnya, serta pembiasaan tahlil peserta didik dapat mengaplikasikannya di masyarakat sebagai wujud dari pelaksanaan nilai religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maisaroh Maisaroh
Date Deposited: 11 Jul 2022 00:48
Last Modified: 11 Jul 2022 00:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9063

Actions (login required)

View Item View Item