Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung

Muyassaroh, Elva (2022) Pengaruh Promosi Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI ELVA WATERMAK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Elva Muyassaroh, Dr. Siti Masrohatin, S.E M.M 2022: Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Minat Nasabah Pembiayaan Pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCPJember Balung.

Pembiayaan pensiun merupakan pendanaan bagi pensiunan yang ingin mencukupi kebutuhannya. Ini adalah menjadi solusi para pensiun yang membutuhkan pembiayaan dengan cara mudah dan praktis. Secara umum kegiatan promosi merupakan kegiatan perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen, namun kualitas pelayanan sangat penting untuk membangun hubungan dengan konsumen. Pelayanan yang baik membuat konsumen senang dan mengarah pada pembelian berulang sendiri. Harga merupakan suatu hal yang utama saat pemasaran. Harga yang rendah bisa mendorong seseorang untuk menggunakan produk perusahaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh secara parsial terhadap minat nasabah pembiayaan pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung? 2. Apakah Promosi, Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh secara simultan terhadap minat nasabah pembiayaan pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung?
Tujuan penelitian ini: 1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Promosi, Kualitas pelayanan dan Harga secara parsial terhadap minat nasabah pembiayaan pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung. 2. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh promosi, Kualitas pelayanan dan Harga secara simultan terhadap minat nasabah pembiayaan pensiunan di Bank Syariah Indonesia KCP Jember Balung.
Metode skripsi ini memakai kuantitatif serta jenis penelitian lapangan. Data primer digunakan sebagai metode pengumpulan data memakai tehnik angket, observasi, serta dokumentasi. Populasi penelitian ini yakni nasabah pembiayaan pensiun, dengan total 40 nasabah. Pengambilan sampel memakai teknik sampling jenuh, teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan mengambil sampel seluruh populasi dan menggunakan program SPSS Statistics Version 21 untuk alat analisis uji validasi dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis regresi linier berganda, dan uji koefisein (R2).
Kesimpulan penelitian ini secara parsial variabel promosi serta harga berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah. Variabel promosi nilai signifikasi 0,003 ˂ 0,05 serta t hitung 3,218 > t tabel 1,688. Variabel harga nilai signifikasi 0,000 ˂ 0,05 serta t hitung 5,572> t tabel 1,688. Berbeda dengan variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan memiliki nilai signifikasi 0,141 > 0,05 serta t hitung – 1,504 ˂ t tabel 1,688. Secara simultan variabel promosi, kualitas pelayanan serta harga berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah pembiayaan pensiunan dengan signifikasi 0,000 ˂ 0,05 serta nilai Fhitung 63,765 > Ftabel 2,86.

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Harga, Minat Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Elva Muyassaroh
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:24
Last Modified: 08 Jul 2022 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9065

Actions (login required)

View Item View Item