Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Siswa Kelas VII Unggulan di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Kemiri Panti Tahun Pelajaran 2021/2022

Helia, Eva (2022) Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Siswa Kelas VII Unggulan di Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Kemiri Panti Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI EVA HELIA WATERMAK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Eva Helia, 2022: Implementasi Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Siswa
Kelas VII Unggulan Di MTs Bustanul Ulum Kemiri Panti Tahun Pelajaran 2021-2022.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Pembelajaran, Siswa.
Implementasi manajemen kelas dalam hal ini merupakan sebuah
penerapan dari rancangan rencana, pelaksanaan dan evaluasi dari manajemen kelas terutama pada saat kegiatan pembelajaran. Manajemen kelas merupakan sebuah kegiatan yang kegiatan intinya berkaitan dengan pengaturan peserta didik, pengaturan fasilitas dan pengaturan akan seluruh komponen yang ada didalam kelas. Maka dari itu dengan manajemen kelas yang baik nantinya kegiatan pembelajaran di kelas akan menjadi lebih efektif serta efisian khususnya untuk peserta didik yang ada di kelas unggulan.
Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana penerapan
manajemen kelas dalam pembelajaran siswa kelas VII unggulan di MTs Bustanul Ulum? 2) Hambatan dan upaya apa saja yang dialami dalam penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran siswa kelas VII unggulan di MTs Bustanul Ulum?. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan, hambatan dan upaya apa saja yang dialami saat penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran siswa kelas VII unggulan di MTs Bustanul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis Studi
Kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Untuk analisis data memakai model interaktif Miles, Hubernen dan Saldana dengan dimulai dari tahap: 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) penarikan kesimpulan. Sedangkan metode keabsahan data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Penerapan manajemen kelas dalam
pembelajaran siswa kelas VII unggulan di MTs Bustanul Ulum ini dimulai dari
tahap perencanaan, pelaksanaan dan juga proses evaluasi yang dilakukan oleh pihak guru yang bersangkutan terutama guru yang memeliki peranan penting di kelas VII unggulan. 2) Hambatan dan upaya mengatasi hambatan yang ada saat penerapan manajemen kelas dalam pembelajaran siswa kelas VII unggulan di MTs Bustanul Ulum yaitu adanya hambatan yang berupa kondisi pandemi covid-19 yang menyebabkab tidak berjalannya kegiatan belajar mengajar serta adanya hambatan dari beberapa faktor seperti faktor guru, faktor siswa, faktor keluarga dan faktor fasilitas. Dan juga dalam mengatasi hambatan tersebut pihak guru menggunakan pendekatan yang ada dalam manajemen kelas seperti pendekatan kekuasaan, pendekatan ancaman, pendekatan kebebasan, pendekatan resep dan juga pendekatan sosio-emosional yang dinilai sesuai dengan yang terjadi di kelas tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Eva Helia
Date Deposited: 08 Jul 2022 01:35
Last Modified: 08 Jul 2022 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9071

Actions (login required)

View Item View Item