Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Al-Islah Jenggawah Jember

Maulidia, Khikmatul (2022) Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Aliyah Al-Islah Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. ACH SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
watermark dia.pdf

Download (5MB)

Abstract

Implementasi Pendidikan Karakter merupakan bagian terpenting dalam
kehidupan karena sikap dan perilaku siswa merupakan pencerminanan hasil
pembelajaran di madrasah. Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan
untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat
berakhlak mulia, bermoral, beritika, berbudaya dan berdapat berdasarkan falsafah
pancasila. Dalam hal ini pendidikan karakter sangat dibutuhkan untuk
meningkatkan madrasah terpadu agar diminati oleh masyarakat harus berkualitas
dan membentuk karakter siswa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana perencanaan
pendidikan karakter di MA Al-Islah Jenggawah Jember ?; 2) Bagaimana
pelaksanaan pendidikan karakter di MA Al-Islah Jenggawah Jember ?; 3)
Bagaimana evaluasi pendidikan karakter di MA Al-Islah Jenggewah Jember ?.
Tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1) untuk mendeskripsikan
perencanaan pendidikan karakter di MA Al-Islah Jenggawah Jember. 2) Untuk
mendeskripsikan pelaksaan pendidikan karakter di MA Al-Islah Jenggawah
Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter di MA Al-Islah
Jenggawah Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis
penelitian lapangan. Lokasi bertempat di Madrasah Aliyah Al-Islah Jenggawah
Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analilis
deskriptif interaksi modal Miles dan Hubermen. Keabsahan data Menggunakan
Trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pendidikan karakter,
dimulai dari: a) Pengintegrasian dalam mata pelajaran, b) Program pengembangan
diri, c) Keteladanan. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter antara lain: a)
Menerapkan kedisiplinan dan kejujuran, b) Memberikan contoh keteladanan. 3)
Evaluasi pendidikan karakter antara lain: a) mengukur kemajuan pendidikan
karakter, b) menganalisis keberhasilan pendidikan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Khikmatul Maulidia
Date Deposited: 11 Jul 2022 00:53
Last Modified: 11 Jul 2022 00:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9079

Actions (login required)

View Item View Item