Pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter di MTs Negeri 3 jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Jannah, Jamilatul (2022) Pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter di MTs Negeri 3 jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Jamilatul Jannah, 2022: Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Peserta Didik di MTs Negeri 3 Jember Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, karakter

Berdasarkan fakta yang terjadi saat ini karakter peserta didik sangat minim, seperti peserta didik yang melanggar peraturan disekolah, kurang disiplin, dan tidak memilki nilai kejujuran pada dirinya. Penanaman karakter menjadi suatu permasalah yang harus diperhatikan oleh Madrasah, maka saatnya berupaya untuk membangun karakter pada peserta didik. Melalui pembelajaran akidah akhlak yang diajarkan kepada peserta didik untuk mengembangkan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Islam dalam berperilaku dan berinteraksi dengan Tuhan, sesama dan lingkungan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus peneliti dalam penelitian ini diantaranya adalah, (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter peserta didik di MTs Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan pemilihan subyek ini menggunakan purposive yang didalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Tehnik pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi dan dokumentasi. Model analisis data yang digunakan adalah Model Miles and Huberman. Langkah-langkahnya meliputi: Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi tehnik.
Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter siswa yaitu guru membuat RPP yang meliputi tujuan pembelajaran, materi, menentukkan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mengembangkan karakter religius, displin, jujur, tanggung jawab dan kerja sama. (2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter siswa meliputi: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Dalam kegiatan pembelajaran ini karakter yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi yaitu: karakter religius, kerja sama, displin, tanggung jawab dan jujur, adapun dalam pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter juga didukung oleh kegiatan-kegiatan yang ada disekolah dan poster Islami yang ada di setiap kelas. (3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan karakter menggunakan jenis non tes karena dalam mengembangkan karakter peserta didik dibutuhkan evaluasi tehnik sikap dan keterampilan dalam sehari-hari selama di sekolah dan dikelas Dalam mengevaluasi yaitu menggunakan tehnik observasi, penilaian diri, unjuk kerja dan portofolio.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jamilatul Jannah
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:28
Last Modified: 11 Jul 2022 01:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9088

Actions (login required)

View Item View Item