Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran di Kelas XI Teknologi Komputer dan Jaringan 1 SMK Negeri 5 Jember

Umar, Mohammad Choirudin (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Aplikasi YouTube Sebagai Media Pembelajaran di Kelas XI Teknologi Komputer dan Jaringan 1 SMK Negeri 5 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI SKRIPSI MOHAMMAD CHOIRUDIN UMAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, Youtube menjadi sumber, bahan dan media
pembelajaran yang bisa digunakan oleh pendidik, peserta didik, staf sekolah bahkan orang tua sebagai media alternatif dalam mencari dan membantu mencari sumber yang dibutuhkan. Salah satu program yang ditampilkan oleh aplikasi Youtube adalah program keagamaan yang terdiri dari berbagai macam tokoh, isi, sudut pandang, bentuk tampilan atau acara jenis serta tingkat kualitas yang ada didalamnya yang didapat dari sumber yang bermacam-macam, sehingga baik pendidik maupun peserta didik serta stakeholder lainnya dapat dengan mudah dan bebas memilih dan menuntukan tontonan program keagamaan yang disukainya serta sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam menggunakan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember? 2) Apa saja hambatan guru dalam menerapkan penggunaan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember? 3) Bagaimana dampak terhadap siswa dalam penerapan strategi guru pada mata pelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember?.Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menggunakan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan hambatan guru dalam menerapkan penggunaan aplikasi Youtube sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan dampak terhadap siswa dalam penerapan strategi guru pada mata pelajaran PAI di kelas X1 TKJ 1 SMKN 5 Jember.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, interview/wawancara, dan dokumenter. Sedangkan metode analisis data dimulai dari data condensation, data display, dan conclution drawing/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode.Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) 1. Strategi guru dalam menggunakan aplikasi youtube tiga tahapan yaitu: Pertama, persiapan pembelajaran dan memahami materi, serta membuat video pembelajaran. Kedua, pelaksaan pembelajaran dengan menonton dan menyimak video, mencatat dan meresum materi, kemudian melakukan diskusi serta tanya jawab. Ketiga, evaluasi.2) Hambatan guru dalam menerapkan penggunaan aplikasi youtube terdapat tiga hambatan.Pertama, gangguan sinyal dan wifi sekolah. Kedua, kualitas resolusi rendah. Ketiga, alat teknologi yang kurang memadai. 3) dampak positif dari penggunakan strategi guru PAI dengan menggunakan media youtube yaitu: siswa semakin excited, semakin cakap dan tanggap, siswa tidak gaptek IT, dan youtube sebagai sumber belajar siswa. Sedangkan dampak negatif yaitu: siswa menonton video selain tugas sekolah, dan pengabaian tugas utama sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100699 Computer Hardware not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Mohammad Choirudin Umar
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:54
Last Modified: 14 Jul 2022 08:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9094

Actions (login required)

View Item View Item