Pengembangan media pembelajaran permainan domino dengan menerapkan pendekatan stad pada materi sistem klasifikasi mahkluk hidup kelas 7 smp/mts tahun ajaran 2021/2022

Nahdhatul Ulfa, Dema (2022) Pengembangan media pembelajaran permainan domino dengan menerapkan pendekatan stad pada materi sistem klasifikasi mahkluk hidup kelas 7 smp/mts tahun ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEMA N ULFA_NIM.T201710095.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Perkembangan Media, Kartu Domino, Sistem Klasifikasi Makhluk Hidup

Ilmu Pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga sangat berpengaruh pada aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan yang beradaptasi dengan perkembangan teknologi di era revolusi 4.0. gaya belajar peserta didik jaman sekarang telah mengalami perkembangan dengan menggunakan media pembelajaran yang jauh lebih menarik sehingga memberikan motivasi dan peserta didik lebih aktif. Setiap guru harus mampu mengadaptasi dan mengikuti adanya sebuah perkembangan yang memanfaatkan sebuah media untuk mengganti metode pembelajaran yang monoton yaitu hanya menggunakan sebuah Lks sehingga membuat siswa merasa bosan dan kesulitan dalam memahami materi. Dari permasalahan tersebut, peneliti termotivasi mengembangkan sebuah media pembelajaran berupa kartu domino dengan pendekatan STAD yang mampu membantu peserta didik dalam proses pembelajaran agar lebih menarik dan termotivasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan hasil validitas media pembelajaran dengan menerapkan permainan kartu domino dengan pendekatan STAD pada materi Sistem Klasifikasi Mahkluk Hidup oleh siswa kelas 7 SMP/MTs 2) Mendeskripsikan respon penggunaan media permbelajaran dengan menerapkan permainan kartu domino dengan pendekatan STAD pada materi Sistem Klasifikasi Mahkluk Hidup oleh siswa kelas 7 SMP/MTs. Penelitian ini merupakan Borg and Gall yang menggambarkan 10 tahapan, di mana model ini memiliki 10 langkah.akan tetapi peneliti memodifikasi kembali hanya sampai pada 7 langkah yaitu Studi pendahuluan (Research and information Cillecting), Merencanakan Penelitian (Planning), Pengembangan Desain (Development Preliminary of Product), Uji Coba Produk (Preliminary Field Testing), Revisi Produk Utama (Main Product Revision), Uji Coba Utama (Main Field Test), Revisi Hasil Uji Lapangan Lebih Luas (Operational Product Revision). disebabkan karena keterbatasan waktu dan biaya oleh peneliti. Subjek uji coba terdiri dari dua validator yaitu ahli materi dan ahli media, serta satu guru IPA, 10 siswa uji coba skala kecil, dan 30 siswa uji coba skala besar. Berdasarkan hasil persentase dari para validator menyatakan bahwa: 1) kevalidan materi sebesar 91,67 %, kevalidan media sebesar 94 %, dan pengguna (guru IPA) sebesar 94,55 %. 2) Hasil uji coba respons siswa skala kecil sebesar 91,2 % dan skala besar 92,62 %, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa kartu domino yang dikembangkan termasuk kategori dala kriteria “sangat layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0603 Evolutionary Biology > 060301 Animal Systematics and Taxonomy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mrs. Dema Nahdhatul Ulfa
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:36
Last Modified: 11 Jul 2022 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9098

Actions (login required)

View Item View Item