IMPLEMENTASI DIGITAL SAVING DALAM MEMPERBAIKI MUTU LAYANAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER

Ayu, Rizky (2022) IMPLEMENTASI DIGITAL SAVING DALAM MEMPERBAIKI MUTU LAYANAN PADA BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizky Putri Ayu_E20181115.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi digital membawa perubahan inovasi produk dan jasa yang semakin berkembang dan mampu memberikan pengaruh yang cukup tinggi bagi pendapatan perbankan. Digital Saving Bank Rakyat Indonesia mampu memperbaiki mutu layanan dengan memanfaatkan teknologi melalui aplikasi handphone dan internet, nasabah dapat membuka rekening secara online tanpa harus pergi ke kantor cabang.
Fokus penelitiannya yaitu: 1). Bagaimana Implementasi digital saving dalam memperbaiki mutu layanan pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Jember?. 2). Apa hambatan yang dialami BRI KC Jember pada implementasi digital saving dalam memperbaiki mutu layanan?. 3). Apa kekurangan dan kelebihan digital saving dalam memperbaiki mutu layanan pada BRI KC Jember?.
Tujuannya: 1). Untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi digital saving dalam memperbaiki mutu layanan pada masyarakat BRI KC Jember. 2). Untuk mengetahui hambatan yang dialami BRI KC Jember pada implementasi digital saving dalam memperbaiki mutu layanan. 3). Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan digital saving dalam memperbaiki mutu
layanan pada BRI KC Jember.
Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis
penelitian Field Research. Penentuan informan menggunkan teknik Purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumberdan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1). Bahwa sepenuhnya digital saving BRI KC Jember diterapkan dengan maksimal melalui web bukarekening.bri.co.id dan telah sesuai dengan teori e-service quality. Sehingga hal tersebut memudahkan pihak Bank dalam penerapan digital saving. 2). Hambatan yang dialami BRI KC Jember yaitu dari faktor internal dan eksternal. faktor internal yang dialami BRI KC Jember yakni pada faktor data diri nasabah yang belum terdaftar di Dispenduk Capil sehingga menghambat proses pembuatan rekening digital saving. faktor eksternalnya sinyal dan handphone yang digunakan nasabah kurang mendukung atau memori yang dimilikinya penuh. 3). Kekurangannya nasabah yang ktpnya baru dan nasabah yang sudah berumur belum bisa membuat rekening digital saving. Kelebihan digital saving yaitu Butaplus dan katplus jadi lebih simpel tanpa buku tabungan dan gak perlu kartu tapi sudah bisa transaksi serta lebih cepat.
Katakunci: Manajemen Pemasaran, Digital Saving, Kualitas Layanan Elektronik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Perpustakaan Rizky Putri Ayu
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:44
Last Modified: 08 Jul 2022 02:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9124

Actions (login required)

View Item View Item