Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Cakru Kencong Jember

Sahra Rohmatus, Saidah (2022) Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Cakru Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SAHRA ROHMATUS S_T20183017.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Sahra Rohmatus Saidah, 2022: Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Cakru Kencong - Jember Kata Kunci: Strategi pemasaran Pendidikan, Jasa Pendidikan, Minat Masyarakat Tingkat persaingan dalam dunia pendidikan sangatlah berkembang, yang mana menuntut setiap penyedia jasa pendidikan mempunyai strategi efektif dan efisien. Strategi menjadi penting dalam dunia pendidikan mengingat pendidikan mampu memberikan aspek penanaman nilai-nilai sikap dan tingkah laku yang menjadikan manusia memiliki derajat. Desa Cakru yang berada di Kecamatan Kencong memiliki Sekolah Dasar yang saling bersaing strategi pemasaran, Hal ini tidak lepas dari Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Cakru yang memiliki strategi yang dapat diterima oleh lapisan masyarakat sebagai pengguna jasa pendidikan. Adanya strategi yang dimiliki madrasah menjadikan MI Muhammadiyah 02 dipercaya oleh masyarakat dalam mengembangkan pendidikan yang memiliki keseimbangan antara akademik, non akademik dan keagamaan. Fokus penelitian yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran jasa pendidikan MI Muhammadiyah 02 Cakru. 2) Bagaimana implementasi strategi pemasaran jasa Pendidikan. 3) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran pendidikan di MI Muhammadiyah 02 Desa Cakru Kecamatan Kencong dalam meningkatkan minat masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: strategi pemasaran jasa pendidikan MI Muhammadiyh 02 Cakru, faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran pendidikan di MI Muhammadiyah 02 Desa Cakru Kecamatan Kencong dalam meningkatkan minat masyarakat. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kualitatif dengan menggunakan Analisa yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1.) strategi pemasaran jasa yang dilakukan oleh MI Muhammadiyah 02 cakru dengan bentuk strategi differensiasi yang mengedepankan empat tujuan pemasaran. Memenuhi misi sekolah, meningkatnya kepuasan pelanggan, meningkatkan ketertarikan, meningkatkan efisienasi. 2) Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan ditandai dengan adanya produk, harga, lokasi, promosi, SDM, pelayanan dan proses. sehingga dengan komponen tersebut menjadikan madrasah dengan mudah dapat dikenali oleh pengguna jasa pendidikan. 3) faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran yang dilakukan disebabkan masih kurangnya kesadaran masyarakat yang belum mengenal bagaimana system pendiidkan yang dilakukan oleh madrasah ditambah masih belum lengkapanya beberapa sarana dan prasarana yang dimiliki oleh madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sahra Rohmatus Saidah
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:21
Last Modified: 15 Jul 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9132

Actions (login required)

View Item View Item