Istianah, Ilda (2022) Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Skripsi ILDA ISTIANAH T20171090.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ilda Istianah, 2022 : “Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember”
Kata Kunci : Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih, Kitab Fathul Qarib
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi peneliti di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Biasanya guru yang mengajar hanya menggunakan Modul atau LKS sebagai bahan ajarnya, di Madrasah Unggulan Nurul Islam Jember ini bukan hanya Modul dan LKS saja akan tetapi menggunakan kitab Fathul Qarib sebagai bahan untuk belajar mengajarnya. Hal ini menjadi perhatian karena apakah yang menjadi faktor penyebab hal itu terjadi. Pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib adalah hal yang menarik untuk memecahkan faktor yang menjadi permasalahan diatas.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember.
Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember, dalam menentukan subyek penelitian menggunakan sumber data dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun analisis data dalam penelitisn ini ysitu pengumpulsn data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah 1) Perencanaan Implementasi pembelajaran selain mempersiapkan RPP sebagai pedoman pembelajaran, guru juga mempersiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran, guru membuka pelajaran, menyampaikan isi materi, dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Untuk media yang digunakan adalah papan tulis, kapur, LCD, buku dan kamus arab-Indonesia. 3) Untuk evaluasi menggunakn tes tulis dan uji praktek. Untuk ujian praktek membaca kitab dalam setiap pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa paham dan mengerti siswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
Actions (login required)
View Item |