Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember

Istianah, Ilda (2022) Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi ILDA ISTIANAH T20171090.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilda Istianah, 2022 : “Implementasi Pembelajaran Fiqih Berbasis Kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember”

Kata Kunci : Pembelajaran, Mata Pelajaran Fiqih, Kitab Fathul Qarib

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi peneliti di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember. Biasanya guru yang mengajar hanya menggunakan Modul atau LKS sebagai bahan ajarnya, di Madrasah Unggulan Nurul Islam Jember ini bukan hanya Modul dan LKS saja akan tetapi menggunakan kitab Fathul Qarib sebagai bahan untuk belajar mengajarnya. Hal ini menjadi perhatian karena apakah yang menjadi faktor penyebab hal itu terjadi. Pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib adalah hal yang menarik untuk memecahkan faktor yang menjadi permasalahan diatas.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? 2) Bagaimana Pelaksanaan Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? 3) Bagaimana Evaluasi Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Implementasi pembelajaran fiqih berbasis kitab Fathul Qarib di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember.
Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, lokasi penelitian berada di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Nurul Islam Jember, dalam menentukan subyek penelitian menggunakan sumber data dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun analisis data dalam penelitisn ini ysitu pengumpulsn data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah 1) Perencanaan Implementasi pembelajaran selain mempersiapkan RPP sebagai pedoman pembelajaran, guru juga mempersiapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran. 2) Untuk pelaksanaan pembelajaran, guru membuka pelajaran, menyampaikan isi materi, dan menutup pelajaran. Metode yang digunakan adalah diskusi, tanya jawab, dan demonstrasi. Untuk media yang digunakan adalah papan tulis, kapur, LCD, buku dan kamus arab-Indonesia. 3) Untuk evaluasi menggunakn tes tulis dan uji praktek. Untuk ujian praktek membaca kitab dalam setiap pertemuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa paham dan mengerti siswa terhadap proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021405 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilda Istianah
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:00
Last Modified: 11 Jul 2022 01:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9171

Actions (login required)

View Item View Item