PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DI MTS AL-MISRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Abdullah Subhih, Yusuf (2022) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII DI MTS AL-MISRI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
2022-07-04 Skripsi Abdullah Subhih Yusuf fik terbaru aamiin.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdullah Subhih Yusuf, 2022: Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII di MTs Al-Misri Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Kemampuan Berpikir kreatif Siswa.
Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang perlu dicapai pada suatu proses pembelajaran matematika. Karena pada dasarnya kemampuan berpikir kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Berkaitan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan dalam menyelesaikan soal-soal yang berorientasi pada kehidupan nyata, maka salah satu pendekatan pembelajaran yang cocok adalah pembelajaran matematika realistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik siswa kelas VIII di MTS Al-Misri. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII di MTS Al-Misri.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Kontrol Group Design dan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial, di mana dalam analisis inferensial ini dilakukan uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis dengan uji-t.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Data yang didapat dari kelas kontrol bahwasanya yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif siswa dari butir soal nomor 1 yakni fluency 3 siswa, flexibility 0, elaboration 4 siswa dan originality 5 siswa. Untuk butir soal nomor 2 yakni fluency 7 siswa, flexibility 0, elaboration 5 siswa dan originality 6 siswa sedangkan data yang didapat dari kelas eksperimen bahwasanya yang memenuhi indikator kemampuan berpikir kreatif siswa dari butir soal nomor 1 yakni fluency 8 siswa, flexibility 0, elaboration 9 siswa dan originality 8 siswa. Untuk butir soal nomor 2 yakni fluency 9 siswa, flexibility 2 siswa, elaboration 9 siswa dan originality 7 siswa. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di MTs Al-Misri Curahmalang kelas VIII Tahun ajaran 2021/2022. Hal ini dapat dilihat dari uji hipotesisnya di output SPSS pada bagian sig (2-tailed) yaitu 0,000 lebih kecil dari daerah kritis yaitu 0,05, maka H_0 ditolak dan H_1 diterima, artinya skor kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih baik daripada skor kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan pembelajaran biasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010401 Applied Statistics
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0104 Statistics > 010405 Statistical Theory
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Abdullah Subhih Yusuf
Date Deposited: 14 Jul 2022 02:37
Last Modified: 14 Jul 2022 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9181

Actions (login required)

View Item View Item