Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso pada tahun pelajaran 2021/2022

Arifin, Riska (2022) Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso pada tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
SKRIPSI RISKA WATERMAK .pdf

Download (8MB)

Abstract

Riska Arifin 2022: Penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso tahun pelajaran 2021/2022.
Kata kunci: Model pembelajaran berbasis portofolio, pembelajaran IPS

Portofolio merupakan kumpulan pengalaman pembelajaran (collection flearning-experience) yang ada pada pemikiran siswa baik-yang berbentuk pengetahuan_(kognitif), keterampilan_(skill), ataupun_sikap (efektif). Sebagai salah satu bentuk_adjective, portofolio_sering diajarkan menggunakan konsep berbeda. contohnya konsep “pembelajaran” dan “assement” apabila diajarkan pada pembelajaran maka_dikatakan dengan suatu pembelajaran_berbasis portofolio_(portofolio_based_learning), apabila digunakan untuk assement maka dinamakan dengan penilaian_berbasis_portofolio.
Fokus penelitian ini yaitu, 1)Bagaimana_perencanaan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata_pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso? 2).Bagaimana_pelaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso? 3).Bagaimana evaluasi penerapan model pembelajaran_berbasis portofolio pada_mata_pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso?
Tujuan penelitian ini yaitu,1)Mendeskripsikan perencanaan penerapan model_pembelajaran berbasis portofolio_pada mata_pelajaran IPS_di MTs Negeri 2 Bondowoso, 2).Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan model pembelajaran berbasis portofolio pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 2 Bondowoso, 3).Mendeskripsikan evaluasi penerapan model pembelajaran berbasisportofolio_pada_mata_pelajaran IPS di_MTs Negeri 2 Bondowoso.
Pendekatan yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis peneliian deskriptif. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi tekhnik dan tringulasi sumber.
Simpulan dalam peneilitian ini, bahwa dalam penerapan pembelajaran berbasis portofolio ini ada 3 komponen yang pertama yaitu pada perencanaan, dalam perencanaan ini peneliti menemukan bahwa dalam pembelajaran portofolio guru menggunakan RPP, menganalisis materi, dan mencari sumber belajar, untuk komponen yang kedua yaitu pelaksanaan, dalam pelaksanaan guru menggunakan bebrapa tahapan, yaitu pendahuluan, inti, dan juga penutup, kemudian pada komponen ketiga yaitu evaluasi, dalam evaluasi guru melakukan peneilaian dari penayangan portofolio, pengemabangan dan juga intrumen penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Riska Arifin
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:47
Last Modified: 11 Jul 2022 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9183

Actions (login required)

View Item View Item