Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an sebagai kegiatan ekstrakurikuler Keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso

Nisya', Nur Azizatun (2022) Implementasi Program Tahfidz Al-Qur'an sebagai kegiatan ekstrakurikuler Keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso. Masters thesis, UIN KH Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Watermak tesis.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK

Nur Azizatun Nisya’, 2022. Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso. Pembimbing 1: Dr. Dyah Nawangsari, M. Ag. Pembimbing 2: H. Moch. Imam Machfudi, S.S., M.Pd. Ph.D.

Kata Kunci:Program Tahfidz Al-Qur’an, Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan

Al-Qur’an adalah mukjizat Allah yang diwayuhkan kepada Rasul dan Nabi Muhammad Saw melalui Malaikat Jibril. Allah telah menjadikan al-Qur’an sebagai petunjuk hidup umat manusia yang akan tetap terpelihara. Salah satu pendukung bagi pemeliharaan al-Qur’an adalah umat yang mempunyai keistimewaan kemampuan menghafal. Usaha untuk menjaga, menghafal, dan menyebar luaskan al-Qur’an yang sampai saat ini masih dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya kegiatan berbentuk pondok pesantren, madrasah, dan taman pendidikan al-Qur’an.
Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi program tahfidz al-Qur’an dengan metode talaqqi sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso? (2) Bagaimana implementasi program tahfidz al-Qur’an dengan metode tiqrar sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso?
Selaras dengan fokus penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi program tahfidz al-Qur’an dengan metode talaqqi sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso (2) Bagaimana implementasi program tahfidz al-Qur’an dengan metode tiqrar sebagai kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso.
Jenis penelitian yang digunakan ini adalah studi kasus. Penelitian studi kasus memusatkan perhatian pada satu objek tertentu yang diangkat sebagai sebuah kasus untuk dikaji secara mendalam. Untuk itu pada bagian ini akan diuraikan tentang pendekatan dan jenis penelitian, pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, selanjutnya analisis data menggunakan Milles and Huberman. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan sebagai berikut:
(1) Dalam penerapan tahfid Al-Quran sebagai kegiatan ekstrakurikuer yang dilaksanakan pada tiap hari juma’at di SMP Syamsuth Tholibin Pakuniran Bondowoso, yaitu dengan metode talaqqi dimana metode ini sudah mencangkup metode yang lain seperti metode bi nazhar yaitu melihat mushaf, tahfidz yaitu menghafal. Dan selanjutnya siswa yang sudah hafal menyetorkan hafalannya kepada pembina maksimal 5 ayat. (2) Selanjutnya yaitu dengan metode tikrar atau mengulang, metode tikrar ini sudah mencakup metode mudarosah atau pengulangan individu atau kelompak. Dimana dalam metode ini tikrar ini siswa mengulang-ulang hafalannya supaya cepat hafal dan bisa menyambung dengan ayat sebelumnya sehingga menjadi satu kesatuan surat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Nur Azizatun Nisya'
Date Deposited: 11 Jul 2022 01:57
Last Modified: 11 Jul 2022 01:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9187

Actions (login required)

View Item View Item