Maulidi, Muhammad (2022) Strategi Penjualan Produk Dan Jasa Sebelum Dan Sesudah Revitalisasi Pasar Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KIYAI HAJI ACH SIDDIQ JEMBER.
Text
MUHAMMAD ADAM MAULIDI_E20182277.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Muhammad Adam Maulidi, Dr. Nurul Widyawati Islami Rahayu, S.Sos., M.Si, 2022: Strategi Penjualan Produk Dan Jasa Sebelum Dan Sesudah Revitalisasi Pasar Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember.
Aktifitas dalam jual beli ialah salah satu bagian yang di butuhkan manusia untuk memenuhi kebutaha sehari-harinya. Kebanyakan masyarakat melakukan aktivitas jual beli di pasar. Yang mana pasar adalah salah satu tempat yang menjadi pusat perekonomian. Sejarah awal pasar diciptakan dikarenakan masyarakan menginginkan berbagai macam kebutuhan dalam kehidupan. Saat masih mata uang belum ditemukan penduduk bertransaksi dengan cara menukan barang dengan barang yang memiliki nilai yang sama atau biasa di sebut sistem barter. Pada awalnya pertukaran terjadi di berbagai tempat, pada akhirnya masyarakat memutuskan untuk menentukan tempat pertukaran agar lebih mudah di lakukan saat melakukan transaksi.
Fokus penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Strategi Penjualan Produk dan Jasa Masyarakat Sebelum Revitalisasi Pasar Manggisan?, 2) Bagaimana Strategi Penjualan Produk dan Jasa Masyarakat Sesudah Revitalisasi Pasar Manggisan?, 3) Apa Saja Kendala Strategi Penjualan Produk Dan Jasa Setelah Revitalisasi Pasar Manggisan?.
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Untuk Mendeskripsikan Strategi Penjualan Produk dan Jasa Masyarakat Sebelum Revitalisasi Di Pasar Manggisan, 2) Untuk Mendeskripsikan Penjualan Produk dan Jasa Masyarakat Sesudah Revitalisasi Di Pasar Manggisan, 3) Untuk Mendeskripsikan Apa Saja Kendala Strategi Penjualan Produk Dan Jasa Setelah Revitalisasi Di Pasar Manggisan.
Kesimpulan, 1. Stategi penjualan pedagang sebelum dilakukannya revitalisasi yaitu pedagang tidak banyak mengunakan strategi dalam pejualannya, pedagang hanya menggunakan cara berjualan seperti biasanya mencari agen yang menjual prouk lebih murah, menjaga kualitas produknya, dan memilih tempat berjualan yang strategis, 2. Strategi yang dilakukan pedagang setelah berada di lahan yang baru, pedagang mimiliki cara berjualan yang berbeda-beda, dimulai dari penetapan harga, penentuan produk, pendistribusian dan promosi yang dilakukan, hal ini dikarenakan pedagang masih harus beradaptasi lagi sesuai dengan kondisi pasar yang sekarang, 3. Kendala yang dialami pedagang kebanyakan dari segi tempat berjualan yang diberikan, karena tempat yang baru terbilang lebih sempit dari sebelumnya, selain dari tempat kendala yang dialami pedagang ialah pedagang masih harus beradaptasi lagi dari awal apalagi banyaknya pesaing-pesaing baru yang juga berjualan di lahan yang baru.
Kata Kunci: Pasar Tradisional, Revitalisasi Pasar, Strategi Penjualan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | MUHAMMAD ADAM MAULIDI |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 08:53 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 08:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9193 |
Actions (login required)
View Item |