Internalisasi Nilai Sosial di Madrasah Tsanawiyah Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022

Musiman, Siti Nor Farida (2022) Internalisasi Nilai Sosial di Madrasah Tsanawiyah Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SITI NOR FARIDA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manusia disebut sebagai makhluk sosial menyebabkan seseorang tidak bisa hidup sendiri tanpa orang lain. Seseorang dalam bermasyarakat memerlukan suatu pedoman dan acuan untuk terciptanya interaksi sosial yang baik yang disebut nilai sosial. Selain itu adanya perkembangan zaman banyak membawa pengaruh kepada siswa yang berpotensi memunculkan masalah sosial. Hal ini memerlukan usaha untuk menginternalisasikan nilai sosial di lembaga sekolah yang diterapkan dalam program kegiatan sekolah maupun proses pembelajaran melalui tiga tahap yakni transformasi, traknsaksi dan transinternalisasi.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tahap transformasi nilai sosial pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana tahap transaksi nilai sosial pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana tahap transinternalisasi nilai sosial pada siswa di Madrasah Tsanawiyah Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan tahun pelajaran 2021/2022?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Tahap transformasi nilai sosial di MTs Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan menggunakan metode ceramah berupa integrasi dalam penyampaian mau’idzatul hasanah kegiatan ziarah mahabbah dan dalam proses pembelajaran dikelas dengan nilai sosial yang disampaikan berupa bentuk kasih sayang seperti pengabdian, tolong menolong, kekeluargaan, kesetiaan, dan kepedulian. 2) Tahap transaksi nilai sosial di MTs Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan menggunakan metode pengondisian dalam kegiatan home visit atau ziarah mahabbah dan melalui metode pembiasaan dengan adanya program 4S (senyum, salam, sapa, sayang). 3) Tahap transinternalisasi nilai sosial di MTs Ikhtiyarul Ummah Pasean Pamekasan dilakukan dengan cara memberikan sanksi yang bersifat edukatif berupa bentuk nilai sosial dari responsibility (tanggung jawab) salah satunya disiplin.
Kata kunci: internalisasi nilai sosial, MTs Ikhtiyarul Ummah�

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Depositing User: Siti Nor Farida Musiman
Date Deposited: 11 Jul 2022 00:50
Last Modified: 11 Jul 2022 00:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item