Pengaruh Label Halal, Religiusitas, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Pada Mahasiswa S1 Febi Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Dan Universitas Islam Jember

Raziqi, Ahmad (2022) Pengaruh Label Halal, Religiusitas, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Dan Minuman Dalam Kemasan Pada Mahasiswa S1 Febi Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Dan Universitas Islam Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD RAZIQI TESIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

Raziqi, Ahmad 2022, Pengaruh label halal, religiusitas, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian makanan dan minuman dalam Kemasan pada mahasiswa S1 FEBI Uin Kiai Haji Achmad Siddiq Dan Universitas Islam Jember, Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

Diketahui bahwa Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia. Diketahui bahwa Indonesia dengan mayoritas penduduk muslim terbesar didunia. Menurut data Global Islamic Economi (GIE) penduduk muslim Indonesia mencapai 87,2 persen dengan kisaran 256.820.000 jiwa. Hal tersebut mejadi cukup penting untuk melihat dan mengkaji bagaimana pola konsumsi makanan dan minuman yang sudah memiliki label halal salah satuya pada masyarakat di kabupaten Jember. Lebih lanjut berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatatkan Pada tahun 2020, nilai konsumsi makanan atas dasar harga berlaku sebesar 22.619.966 juta rupiah. Data tersebut cukup menarik apabila diajdikan bahan kajian mengenai Pola kosumsi makanan dan minuman dalam kemasan pada mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq dan Universitas Islam Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penentuan sampel kuota sampling yang mengukur 303 responden mahasiswa dari Universitas Islam Jember dan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmaad Siddiq Jember. Dengan menjawab rumusan masalah apakah label halal (X1), religiusitas (X2), harga (X3) dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan? Dari hasil uji SPSS Versi 25 maka penelitian ini menemukan secara parsial label halal (X1) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 0,928 ≤ t tabel 1,649949. Dengan taraf signifikansi lebih kecil dari p value (0,05 ≤ 0,354). Religiusitas (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 0,167 ≤ t tabel 1,649949. Dengan taraf signifikansi lebih kecil dari p value (0,05 ≤ 0,867). Harga (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 5,405 ≥ t tabel 1,649949. Dengan taraf signifikansi lebih besar dari p value (0,05 ≥ 0,000). Kualitas Produk (X4) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian dengan t hitung 11,351 ≥ t tabel 1,649949. Dengan taraf signifikansi lebih besar dari p value (0,05 ≥ 0,000). Kemudian secara simultan nilai f hitung 165.482 ≥ f Tabel 2,39. Dengan taraf signifikansi lebih besar dari p value (0,05 ≥ 0,000). Dengan hasil regresi liner berganda Y = 8.538 + 0,094 + 0,010 + 0,717 + 1.222 + e. Kemudian dari hasil koefisien determinasi label halal, religiusitas, harga dan kualitas produk sebesar 68,5 % sedangkan sisanya 31,9 % dijelaskan oleh pengaruh lain di luar model dalam peneliatian ini.

Kata Kunci: Label Halal, Religiusitas, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140301 Cross-Sectional Analysis
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Ahmad Raziqi
Date Deposited: 11 Jul 2022 02:28
Last Modified: 11 Jul 2022 02:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9206

Actions (login required)

View Item View Item