Implementasi pembelajaran tematik terpadu melalui model cooperative learning tipe think pair share di MI Al-Huda Gumukmas Jember tahun pelajaran 2021/2022

Fauziyah, Firda Afivatul (2022) Implementasi pembelajaran tematik terpadu melalui model cooperative learning tipe think pair share di MI Al-Huda Gumukmas Jember tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (MI Al-Huda Gumukmas Jember adalah salah satu madrasah yang menggunakan model Think Pair Share terutama pada pembelajaran tematik, model Think Pair Share adalah model pembelajaran yang dilaksanakan dengan tahap berpikir, berpasangan dan berbagi.)
Firda Afivatul Fauziyah_T20184059.pdf

Download (5MB)

Abstract

MI Al-Huda Gumukmas Jember adalah salah satu Madrasah Ibtidaiyah yang menggunakan model Cooperative Learning tipe Think Pair Share terutama pada pembelajaran tematik, model Think Pair Share adalah model pembelajaran yang dilaksanakan secara berkelompok yaitu dengan tahap Think (berpikir), Pair (berpasangan), dan Share (berbagi). Dimana dengan penggunaan model Think Pair Share ini guru kelas VI dapat mendesain pembelajaran tematik menjadi sebuah pembelajaran yang awalnya membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menumbuhkan keaktifan siswa.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran tematik terpadu melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share siswa kelas VI di MI Al-Huda Gumukmas Jember. 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share siswa kelas VI di MI Al-Huda Gumukmas Jember. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran tematik terpadu melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share siswa kelas VI di MI Al-Huda Gumukmas Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran tematik terpadu melalui model Cooperative Learning tipe Think Pair Share siswa kelas VI di MI Al-Huda Gumukmas Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) perencanaan model Think Pair Share yaitu memeriksa segala persiapan diskusi, menyiapkan pertanyaan-pertanyaan diskusi dan menyiapkan media pembelajaran., guru kelas menyusun RPP yang mengacu pada KALDIK, RPE, PROTA, PROSEM dan silabus. 2) pelaksanaan model Think Pair Share ada tiga tahap yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Pada kegiatan inti menggunakan lima tahap yaitu pendahuluan, Think, Pair, Share dan penghargaan. 3) evaluasi model Think Pair Share menggunakan tiga ranah yaitu ranah kognitif berupa penilaian pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan PPKn. Ranah afektif berupa penilaian sikap saat siswa kerja sama membersihkan sampah di sekitar lingkungan sekolah. Ranah psikomotor berupa penilaian siswa melakukan seni tari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nn Firda Afivatul Fauziyah
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:43
Last Modified: 13 Jul 2022 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item