Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Jumlah Peserta Didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2021/2022

Ain, Siti Qurrotu (2022) Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Jumlah Peserta Didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI QURROTU AIN_T20183039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Qurrotu Ain, 2022: Pengaruh Penerapan Sistem Zonasi Terhadap Jumlah Peserta Didik Di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun Pelajaran 2021/2022.

Kata Kunci : Sistem Zonasi, Jumlah Peserta Didik

Sistem zonasi merupakan sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) berdasarkan wilayah terdekat sekolah. Sistem zonasi merupakan salah satu sistem PPDB yang dapat meratakan kualitas pendidikan di Indonesia. Sehingga, sistem zonasi ini dianggap penting dan mempunyai peran dalam mempengaruhi jumlah peserta didik di suatu lembaga berdasarkan wilayah. Sistem zonasi ini dapat mempermudah peserta didik dalam menuntut ilmu karena lokasinya terletak dekat dengan tempat tinggal peserta didik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini 1) Bagaimana sistem zonasi di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022? 3) Adakah pengaruh sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan sistem zonasi di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022, 2) Mendeskripsikan jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022, 3) Mengetahui pengaruh sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS 16. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik yang diterima melalui sistem zonasi dan panitia PPDB selama 3 tahun terakhir yang berjumlah 320. Jumlah sampel penelitian ini adalah 80 orang dengan menggunakan teknik proposional Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan memperhatikan proporsi atau kategori jumlah responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Sistem zonasi di SMA Negeri 1 Dukun Gresik dalam kategori sangat tinggi sebesar 65%, 2) Jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik dalam kategori sangat tinggi sebesar 70%, 3) tidak terdapat pengaru yang signifikan antara sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik di SMA Negeri 1 Dukun Gresik tahun pelajaran 2021/2022 dengan hasil uji t diperoleh nilai sebesar 0,268 > 0,05. Selain itu, diperoleh juga nilai thitung sebesar -1,115 < ttabel sebesar 1,665.Sehingga, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara sistem zonasi terhadap jumlah peserta didik. Hal tersebut dikarenakan sistem zonasi dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Siti Qurrotu Ain Ain
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:53
Last Modified: 12 Jul 2022 08:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item