Masruroh, Siti Habibatul (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Di MTs Bustanul Ulum Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.
Text
Skripsi Siti Habibatul Masruroh.pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti Habibatul Masruroh, 2022: Pengaruh Model Pembelajaran Realistic Mathematic
Education terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII di
MTs Bustanul Ulum Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Realistic Mathematic Education, Pemahaman Konsep
Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kecakapan matematis yang
harus dikuasai dalam pembelajaran matematika dalam pembelajaran matematika. Salah
satu model pembelajaran yang dinilai relevan dalam pemahaman konsep matematika
adalah model pembelajaran Realistic Mathematic Education yaitu model pembelajaran
yang melibatkan pengalaman siswa dalam mengembangkan pemahaman konsep dalam
pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mendeskripsikan pemahaman konsep
matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol sebelum diberi perlakuan (Treatment)
siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Panti Jember Tahun pelajaran 2021/2022 2) Untuk
mendeskripsikan pemahaman konsep matematika kelas eksperimen dan kelas kontrol
setelah diberi perlakuan (Treatment) siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum Panti Jember
Tahun Pelajaran 2021/2022 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model
pembelajaran Realistic Mathematic Education terhadap pemahaman konsep matematika
siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum Panti Jember tahun pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis quasi eksperimen
design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum Panti
Jember. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Sampelnya
yaitu kelas VII A sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai
kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan tes
dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan Independent Sampel T-test.
Dari hasil penelitian : 1) Berdasarkan pengisian pretest pemahaman konsep
matematika dapat diketahui Hasil pemahaman konsep siswa sebelum diberikan
perlakuan siswa VII Mts Bustanul Ulum Panti Jember dikelas eksperimen (VII A)
dengan nilai rata-rata 29,00 dengan kategori sangat kurang dan kelas kontrol (VII C )
dengan nilai rata-rata 27,40 dengan kategori sangat kurang. 2) Hasil pemahaman konsep
siswa sesudah diberikan perlakuan (posttest) siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Panti
Jember dikelas eksperimen (VII A) dengan nilai rata-rata 82,60 dengan kategori sangat
tinggi dan kelas kontrol (VII C) dengan nilai rata-rata 74,40 dengan kategori tinggi. 3)
Hasil pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Bustanul Ulum Panti Jember
yang menggunakan model pembelajaran realistic mathematic education lebih tinggi
dibandingkan dengan yang tidak menggunkan model pembelajaran realistic mathematic
education. Hal ini ditunjjukan dari hasil uji independent sample t-test dengan sig(2-
tailed ) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjjukan hasil pengujian yang diperoleh ada pengaruh
penggunaan model pembelajaran realistic mathematic education terhadap pemahaman
konsep matematika siswa kelas VII di MTs Bustanul Ulum Panti Jember.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Siti Habibatul Masruroh |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:27 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:27 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9217 |
Actions (login required)
View Item |