PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TWO STAY-TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM JENGGAWAH

Fauziyah, Nur Izza (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TWO STAY-TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH WAHID HASYIM JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Nur Izza Fauziyah (1) watermax.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nur Izza Fauziyah, 2022. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Two Stay-Two Stray Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah
Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Metode two stay-two stray, Pembelajaran Akidah Akhlak
Penggunaan metode dan model dalam pembelajaran mempunyai peran yang sangat signifikan dalam menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. terhadap kualitas komunikasi siswa. Pembelajaran Kooperatif metode Two Stay-Two Stray ialah satu dari pembelajaran kelompok yang memberi kesempatan bagi siswa untuk berbagi hasil dan pengetahuan, baik itu di dalam kelompok maupun dikelompok luar. Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah adalah Madrasah yang mendukung penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan minat belajar siswa dan menumbuhkan kelas menjadi aktif salah satunya menerapkan pembelajaran kooperatif metode Two Stay-Two Stray yang sudah diterapkan dalam waktu lama yaitu pada tahun 2017.
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana Persiapan Penerapan Metode Two Stay-Two Stray Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah? 2) Bagaimana Proses Penerapan Metode Two Stay-Two Stray Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Wahid Hasyim Jenggawah?
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Subjek penelitian dipilih dengan cara Purposive. teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian : 1) Persiapan penerapan metode two stay-two stray dengan cara: a) Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) b) Persiapan Media yang akan digunakan dikelas c) Persiapan Materi ajar yang akan di sampaikan dikelas d) Mempersiapkan strategi pembelajaran yang akan diterapkan dikelas. 2) Proses Penerapan metode two stay-two stray dalam pembelajaran akidah akhlak yaitu: kegiatan awal yang meliputi: a) menyampaikan tujuan pembelajaran b) menyampaikan metode pembelajaran yang akan digunakan c) menjelaskan materi dasar tentang akhlak terpuji. Kegiatan Inti Yaitu: a) menyampaikan informasi kepada siswa b) membentuk siswa menjadi beberapa kelompok c) membimbing kelompok untuk bekerjasama. kegiatan penutup yaitu: menyampaikan kesimpulan, refleksi terhadap pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, Metode two stay-two stray, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Izza Fauziyah
Date Deposited: 11 Jul 2022 08:29
Last Modified: 11 Jul 2022 08:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9229

Actions (login required)

View Item View Item