Anggraeni, Reni (2022) Penerapan Model Inetarctive Demonstration Pada Siswa Kelas VIII Paada Materi Getaran Gelombang Dan Bunyi di SMPN 1 Kalisat. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI RENI FULL WATERMARK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Reni Anggraeni, 2022: Penerapan Model Interactive Demonstration Pada Siswa Kelas VIII pada Materi Getaran Gelombang dan Bunyi di SMPN 1 Kalisat.
Kata kunci: model interactive demonstration, materi getaran gelombang dan bunyi.
SMPN 1 Kalisat merupakan lembaga pendidikan yang dikategorikan sebagai sekolah favorit, namun kenyataannya masih terdapat perbedaan di tingkat pemahaman siswanya. Hal tersebut diakibatkan oleh salah satu faktor guru dalam penggunaan model pembelajaran, seperti pelajaran IPA di SMPN 1 Kalisat pada kelas VIII diampu oleh dua orang guru yang memiliki perbedaan dalam penggunaan model pembelajaran dan cara mengajar yang berbeda, perbedaannya dikelas VIIIA menggunakan model pembelajaran Interactive Demonstration dengan tingkat keberhasilan belajar siswa mencapai 73,3%. Sedangkan dikelas VIIIB dalam pembelajarannya menggunakan model ceramah dengan tingkat keberhasilan dalam belajar siswa mencapai 65,7%.
Berdasarkan dari latar belakang tersebut, fokus penelitiannya yaitu : 1) Bagaimana penerapan model interactive demonstration pada siswa kelas VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat ? 2) Apa saja kelebihan dan kelemahan Penerapan model pembelajaran interactive pada siswa kelas VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat?
Adapun tujuan penelitian disini, 1) Untuk mendeskripsikan penerapan model interactive demonstration pada siswa VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat. 2) Untuk mendeskripsikan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran interactive demonstration pada siswa kelas VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subyek penelitian dengan purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitiannya adalah : 1. Penerapan model interactive demonstration pada siswa kelas VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat pada dasarnya menggunakan model interactive demonstration yaitu dengan cara menunjukkan, memperagakan alat, serta memberitahukan terlebih dahulu cara penggunaan dan fungsinya, setelah itu guru mendemonstrasikan alat tersebut dengan lengkap. Namun sebelum memperagakan alat tersebut terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan.
2. Kelebihan dan kekurangan Penerapan model interactive demonstration pada siswa kelas VIII pada materi getaran gelombang dan bunyi di SMPN 1 Kalisat yaitu kelebihannya antara lain : a.) Siswa dapat dengan mudah memahami materi, b.) Siswa lebih mudah mengingat dibandingkan hanya berceramah, c.) Siswa merasa senang dan bersemangat ketika pembelajaran, d.) Siswa termotivasi ketika pembelajaran. Untuk kekurangannya yaitu antara lain : a.) Jumlah alat yang kurang, b.) Siswa tidak dapat melihat dengan jelas, c.) Waktunya kurang efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029999 Physical Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms RA Reni Anggraeni |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 02:40 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:40 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9233 |
Actions (login required)
View Item |