Anang Kusuma, - (2020) Strategi Pelayanan Customer Service Sebagai Fungsi Public Relations di BMT NU JATIM Kantor Cabang Sumberasih Probolinggo. Undergraduate thesis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Perbankan Syariah.
Text
ANANG KUSUMA_083 133 129.pdf Download (1MB) |
Abstract
Anang Kusuma, Agung Parmono, S.E., M.Si. 2020: Strategi Pelayanan Customer Service Sebagai Fungsi Public Relations di BMT NU JATIM Kantor Cabang Sumberasih Probolinggo Sebagai lembaga keuangan, bank memiliki tugas memberikan jasa keuangan melalui penitipan uang (simpanan), peminjaman uang (kredit), serta jasa-jasa keuangan lainnya. Oleh karena itu, bank harus dapat menjaga kepercayaan dari nasabahnya. Kepercayaan sangat penting, karena tanpa kepercayaan mustahil bank dapat hidup dan berkembang. Dalam jasa perbankan, pelayanan kepada nasabah adalah hal yang sangat penting, melalui customer service bank harus mampu untuk memberikan solusi kepada nasabah, menghadapi nasabah yang sedang menyampaikan komplain, mengeluhkan cara menyampaikan solusi, cara bertutur kata, dan lain sebagainya. Fokus masalam dalam penelitian yaitu: 1). Bagaimana strategi pelayanan customer service sebagai fungsi public relation di BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo. 2). Bagaimana strategi customer service dalam menangani nasabah yang complain. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mendeskripskan strategi pelayanan customer service sebagai fungsi public relation di BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo. 2). Untuk mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh customer service dalam menangani nasabah yang complain. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penenetuan sumber data pada orang yang diwawancarai dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data yaitu menganalisa hasil data yang terkumpul. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini, Strategi pelayanan ADUM dan Keuangan (customer service) sebagai fungsi public relation di BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo dengan menjaga hubungan baik dengan nasabah. Hal ini bercermin pada motto yang dimiliki oleh BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo “Mengabdi tanpa batas, melayani dengan ikhlas, menebar manfaat, dan berbagi keuntungan”. Strategi ADUM dan Keuangan (ustomer service) dalam menangani nasabah yang complain kepada BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo dengan menggunakan pendekatan budaya, yaitu dengan menggunakan bahasa daerah halus sebagai alat komunikasi dan menggunakan nilai kesopanan serta tata keramah sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah yang complain kepada BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo. Hal ini digunakan untuk membangun baik hubungan antara nasabah dan pihak BMT NU JATIM Cabang Sumberasih Probolinggo. Kata Kunci: Strategi, pelayanan customer service, public relations.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | m muhammad fadil |
Date Deposited: | 11 Jul 2022 07:09 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 07:09 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9235 |
Actions (login required)
View Item |