Peran Rumah Bersama dalam membentuk akhlak remaja Baratan Patrang Jember

Sajadah, Fitriatus (2022) Peran Rumah Bersama dalam membentuk akhlak remaja Baratan Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fitriatus Sajadah_T20161130.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

Fitriatus Sajadah, 2022 : Peran Rumah Bersama Dalam Membentuk Akhlak Remaja Baratan Patrang Jember
Kata Kunci : Peran Rumah Bersama, Membentuk Akhlak Remaja.
Rumah bersama menjadi wadah bagi mereka untuk berproses didalamnya dalam memperbaiki akhlak mereka yang semula telah banyak melukai semua orang hingga orang tua sendiri. Didalamnya diajarkan banyak hal tentang sosial mikro dan sosial makro serta cara mengikuti budaya dan malakukan sopan santun yang semestinya.
Fokus peneliatian dalam penelitian ini adalah : (1). Bagaimana peran Rumah Bersama sebagai fasilitator dalam membentuk akhlak remaja. (2). Bagaimana peran Rumah Bersama sebagai pusat informasi pendidikan dalam membentuk akhlak remaja.
Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mendeskripsikan peran Rumah Bersama sebagai fasilitator dalam membentuk akhlak remaja. (2). Untuk mendeskripsikan peran Rumah Bersama sebagai pusat informasi dalam membentuk akhlak remaja.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Penentuan sumber data atau subyek penelitian menggunakan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data interaktif yang digunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa Peran Rumah Bersama sebagai fasilitator dalam membentuk akhlak remaja ialah dengan cara: Pertama, Membangun Mushalla sebagai sarana pembinaan akhlak. Kedua, Musyawarah yang menghasilkan kesepakatan kegiatan berupa Takbhutaan dan Arisan Jaranan untuk menarik perhatian remaja sehinggga dapat meminimalisir kegiatan negatif. Ketiga, Membuka Pengajian guna memberikan pemahaman moral dan adab. Adapun Peran Rumah Bersama sebagai pusat informasi pendidikan dalam membentuk akhlak remaja dilakukan melalui : Pelatihan, pelatihan itu sendiri terdiri dari pelatihan internal dan ekternal. Pelatihan Internal berupa program kitab Aqidatul Awam yang memberikan pemahaman tentang ketuhanan yang Maha Esa, Kitab Shafinatun Najah untuk menerangkan aturan-aturan beribadah dan sosial, Kitab Ta’lim al-Muta’allim guna membangun pengertian adab dan tatakrama, kitab Al-Ajurumiyah ialah ilmu alat yang mendukung peserta didik dalam memahami sumber ilmu yang berasal dari kalimat berbahasa arab. Sedangkan Pelatihan Ekternal berupa : Program Sholawat Nariah sebagai bentuk pelatihan untuk berharap apapun hanya kepada Allah, Program Sholawat Nabi malam minggu adalah program yang menumbuhkan kecintaan kepada nabi dan rasulnya, Program kelas Hadrah merupakan daya tarik untuk mengganti kegiatan negatif kepada positif, Program Kelas Tahfidz adalah upaya membangun rasa cinta terhadap kitab sucinya dan cara menjaganya dalam hati dan pikiran yang dapat memberikan dampak kehati-hatian dalam berprilaku.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Fitriatus Sajaddah
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:15
Last Modified: 13 Jul 2022 03:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9252

Actions (login required)

View Item View Item