Implementasi Toleransi Antar Umat Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember

Sakdiyah, Halimatus (2022) Implementasi Toleransi Antar Umat Beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Halimatus Sakdiyah_T20181439.pdf

Download (20MB)

Abstract

ABSTRAK
Halimatus Sakdiyah, 2022, Implementasi toleransi antar umat beragama dalam
pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 2 Ambulu, skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Jember.
Kata Kunci : Toleransi antar umat beragama, pembelajaran pendidikan agama
Islam.
Toleransi antar umat beragama sangat penting untuk diterapkan dalam
kehidupan sebagai upaya menciptakan kerukunan beragama, termasuk lingkungan
sekolah, salah satunya di SMPN 2 Ambulu.
Adapun fokus penelitian ini, yaitu 1) Bagaimanakah implementasi
toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Ambulu?, 2) Apa saja faktor pendukung dalam mengimplementasikan
toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Ambulu?, 3) Apa saja faktor penghambat dalam mengimplementasikan
toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Ambulu?.
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan implementasi toleransi
antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 2
Ambulu, 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dalam mengimplementasikan
toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di
SMPN 2 Ambulu, 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dalam
mengimplementasikan toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran
pendidikan agama Islam di SMPN 2 Ambulu.
Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif.
Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara,
observasi dandokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu:
pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Implementasi toleransi antar umat
beragama dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu: memberikan
kesempatan bagi semua peserta didik untuk mengikuti pembelajaran agama sesuai
agamanya masing-masing, guru PAI memberikan kebebasan terhadap siswa non
muslim untuk tetap di dalam kelas atau keluar kelas saat pembelajaran PAI, siswa
non-muslim memilih untuk tetap di dalam kelas pada saat pembelajaran PAI
karena menghormati guru, mengakui perbedaan, memberikan rasa nyaman dan
aman terhadap satu sama lain, bersikap adil. 2) Faktor pendukung terhadap
implementasi toleransi antar umat beragama dalam pembelajaran PAI yaitu:
adanya kebijakan dari sekolah untuk menambah jam belajar untuk non muslim,
guru yang sangat berperan dalam menanamkan toleransi beragama, seluruh
komponen kelas yang sangat toleransi, keyakinan bahwa semua manusia itu mulia, keyakinan bahwa perbedaan adalah hal yang lumrah dan sangat memegang
prinsip toleransi. 3) Faktor yang menjadi penghambat implementasikan toleransi
antar umat beragama dalam pembelajaran PAI yaitu adanya perbedaa dalam
kematangan emosional siswa dan kurangnya fasilitas untuk siswa non muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mis Halimatus Sakdiyah
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:32
Last Modified: 18 Jul 2022 01:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9256

Actions (login required)

View Item View Item