Pembinaan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang

Rahmawati, Ade Aulia (2022) Pembinaan Akhlak Siswa Kelas VII Melalui Program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Ade Aulia PAI T20181038.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah dengan program Full Day School sangat diminati di kalangan masyarakat modern yang notabenya mempunyai kesibukan di luar rumah sangat tinggi (bekerja) sehingga perhatian terhadap keluarga khususnya pendidikan agama anak-anak sangat kurang. Oleh karena itu, sekolah model ini dapat menjadi solusi alternatif bagi pembinaan kegiatan keagamaan anak. Dengan tujuan untuk membentuk akhlak dan aqidah dalam menanamkan nilai-nilai yang positif, mengembalikan manusia pada fitrahnya sebagai khalifah di muka bumi, serta memberikan dasar yang kuat dalam belajar di segala aspek.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Neheri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: Pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang diantaranya : Melalui keteladanan, melalui pembiasaan kegiatan yang ada di sekolah. seperti sholat dhuha berjama’ah, sholat dhuhur dan ashar berjama’ah, hafalan juz amma, sistem poin bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah. 2) Dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembinaan akhlak siswa kelas VII melalui program Full Day School di Madrasah Tsanawiyah Negeri Lumajang ini dalam pelaksanaanya mempunyai kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya melalui program Full Day School secara tindakan atau perbuatan lebih baik karena adanya BKS, serta dalam hal keagamaan lebih baik juga. Kekurangannya yaitu minimnya sosialisasi terhadap lingkungan masyarat dan sering merasa kecapekan dengan adanya berbagai kegiatan disekolah yang dimulai dari pagi sampai sore hari.

Kata Kunci : Pembinaan Akhlak, Full Day School

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ade Aulia Rahmawati
Date Deposited: 09 Aug 2022 08:18
Last Modified: 09 Aug 2022 08:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9266

Actions (login required)

View Item View Item