Rahayu, Ari Sri (2022) Pelaksanaan Program Gema Takbir Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.
Text
ARI SRI RAHAYU_T20181143.pdf Download (2MB) |
Abstract
Masa remaja ialah masa transisi dari kanak-kanak menuju dewasa. Kurangnya perhatian, pengawasan, dan bimbingan orang tua, dapat memicu kenakalan. Perkembangan zaman membuat dunia pendidikan mengharuskan mempunyai sebuah terobosan untuk memperkokoh agama dan budi pekerti siswa. Seperti yang dilakukan Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Genteng, terdapat sebuah program keagamaan yang bernama Gema Takbir yang bertujuan untuk membina dan meningkatkan akhlak siswa. Mengingat akhlak remaja sekarang sangat memprihatinkan. Agama yang kuat akan melindungi mereka dari kejahatan dan hawa nafsu, serta mampu menjaga mereka dari hal yang menyimpang dari agama.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Pelaksanaan Shalat Dhuha Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi? (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembacaan Al-Qur’an, Hadis, Doa Sehari-hari dan Kultum Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi? (3) Apa Saja Faktor Pendukung Dan Penghambat Pelaksanaan Shalat Dhuha, Pembacaan Al-Qur’an, Hadis, Doa Sehari-hari dan Kultum Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Genteng Banyuwangi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penentuan subjek penelitian dengan purposive dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman dan Saldana yaitu Data Condensation, Data Display dan Drawing And Verifying Conclusions. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian pada skripsi ini yaitu: (1) Pelaksanaan shalat dhuha di mulai dari pukul 06.30. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh semua pihak dengan matang dan maksimal. Dengan adanya kegiatan ini, perubahan siswa terlihat, contohnya ibadahnya semakin rajin, hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, saling menghormati dan menghargai sesama manusia serta mengembangkan kecerdasan spritual, intelektual dan emosional. (2) Pelaksanaan Pembacaan Al-Qur’an, hadis, doa sehari-hari dan kultum semua kelas sudah terjadwalkan. Kultum siswa disampaikan oleh siswa di depan dengan tema kehidupan sehari-hari yang bertujuan agar audien dapat mengambil hikmahnya. (3) Faktor pendukung dan penghambat sebagai berikut: Faktor pendukungnya berasal dari dalam diri siswa, kekompakan, dan waktu yang masih pagi. Sedangkan faktor penghambatnya kurangnya kesadaran dari siswa, cuaca, dan pengaruh dari teman sebaya. Dalam mengatasi hambatan, sekolah melakukan komunikasi, bimbingan, dan kerja sama yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ari Sri Rahayu |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 07:49 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 07:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9273 |
Actions (login required)
View Item |