Implementasi Pembacaan Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro Wuluhan Jember

'Azizah, Muhimmatul (2022) Implementasi Pembacaan Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhimmatul 'Azizah_T20181144.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhimmatul ‘Azizah, 2022: Implementasi Pembacaan Asmaul Husna dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro Wuluhan Jember. Kata Kunci: Pembacaan Asmaul Husna, Karakter Religius, SMK 01 Diponegoro Banyak terjadi penyimpangan dan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan dalam dunia pendidikan. Dalam pendidikan Islam, pendidikan karakter religius memiliki peran penting mencegah perbuatan yang menyimpang dari ajaran Islam. Langkah awal mencetak generasi bangsa yang berwawasan religius salah satunya melalui Asmaul Husna. SMK 01 Diponegoro menjadikan Asmaul Husna sebagai pembiasaan yang dilaksanakan secara rutin sebelum belajar, untuk membentuk karakter religius siswa. Melalui pembiasan, menjadikan siswa terbiasa untuk melakukan hal-hal yang baik dan siswa dapat mengamalkan makna Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa, 2) Apa hasil (kontribusi) pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa, 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro Wuluhan Jember? Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan implementasi pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa, 2) Mendeskripsikan hasil (kontribusi) pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa, 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro Wuluhan Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian skripsi ini adalah: pertama, pelaksanaan pembacaan Asmaul Husna dilaksanakan setiap pagi sebelum KBM di mulai. Kedua, Hasil (kontribusi) pembacaan Asmaul Husna dalam membentuk karakter religius siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 01 Diponegoro, yaitu mampu mengasah kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual siswa, serta mencetak generasi yang militan. Ketiga, faktor pendukung dalam membentuk karakter religius siswa adalah minat siswa, peran aktif guru, dan fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya, yaitu kurangnya kedisiplinan siswa, kurangnya kesadaran orang tua, hilangnya lembar lafaz Asmaul Husna, tidak ada atau terlambatnya guru pendamping, dan keterlambatan pembacaan dari sentral. Untuk menangani hambatan tersebut harus ada kesadaran diri, baik dari siswa, guru, maupun orang tua, selain itu harus lebih tegas lagi dalam melaksanaan peraturan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhimmatul 'Azizah
Date Deposited: 12 Jul 2022 08:44
Last Modified: 12 Jul 2022 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/9275

Actions (login required)

View Item View Item